Translate

Curug Huis Bandung Barat

Sepintas kalau orang mendengar kata wisata air terjun dengan nama curug huis, sudah pasti akan merujuk pada Curug Huis Cisarakan yang berada di sukabumi, namun tidak banyak yang tau, Bandung barat juga memiliknya.

Curug huis di bandung barat ini terletak di desa bojong salam kecamatan rongga, hanya saja disini belum merupakam sebuah tempat wisata yang umum dan masih apa adanya.

Berbeda dengan Curug Huis Cisarakan yang berada didalam hutan identik dengan air sungai nya unik berwarna biru alami, sedangkan Curug Huis Bojongsalam berada di kawasan terbuka tepat di bawah pebukitan dan pesawahan warga dan berdekatan dengan 3 (tiga) curug lainnya seperti Curug Mahayu, Curug Sirah/tengkorak, dan Curug Buni Buana atau Curug Buana

Curug Huis Bandung Barat by AyiRahmat adventure
Curug Huis Bandung Barat by AyiRahmat adventure

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Huis

Dengan menggunakan kendaraan umum untuk menuju Curug Huis , kalau anda dari bandung, ikuti rute ini, 

  1. => Naik Angkot Jurusan Cicaheum - Ciroyom
  2. => Naik Elf Jurusan Ciroyom-Bunijaya Di Terminal Bus Ciroyom 
  3. => Sampai Di Terminal Bunijaya, 
  4. => Lanjutkan Perjalanan Dengan Kendaraan Ojek Menuju Desa Bojongsalam, 

Setelah berada di desa bojongsalam anda hanya tinggal menanyakan pada warga sekitar untuk sampai ke Curug Huis. disarankan menggunakan kendaraan pribadi, jika tidak ingin ruwet naik turun kendaraan dan lebih hemat uang!. Adapun jalur jalan setapak yang harus dilalui masih seadanya beralaskan tanah karena Tempat ini belum dikelola menjadi tempat wisata umum. 

disepanjang perjalanan menuju Curug Huis akan melewati pemandangan hutan, pesawahan dan kebun warga setempat, dan terdaoat juga bukit-bukit hijau yang masih asri tak tercemar polusi!

Curug Huis Bandung barat ini beralamat di Desa Bojongsalam, Kec. Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40556 

Titik Google Maps https://goo.gl/maps/8DPXyqmn3mhBDovt7

Koordinat -6.975704078741331, 107.2282989423552

Harga Tiket Masuk ke Curug Huis

Anda tidak akan dipungut biaya untuk menikmati keindahan Curug Huis ini, karena masih belum ada yang mengelola, yang berarti GRATIS. kemudian bagi anda yang membawa kendaraan pribadi, parkir dititip pada rumah warga sekitar, dan jangan lupa untuk memberi atas rasa terima kasih dengan sewajarnya saja.

Tiket Masuk Gratis

Jam Operasional/Buka

Enggak ada jam operasional berlaku di curug huis, kalau anda ingin menuju curug dengan waktu yang tepat datanglah pada musim kemarau supaya tidak kesusahan disaat tracking!

Setiap Hari 24 Jam

Yang diunggulkan di Curug Huis

Salah satu keindahan di Curug Huis adalah air sungai yang mengalir terjun menumpang pada sisi celah batu besar yang memisahkan aliran menjadi 2 (dua) bagian, menyimpan keasrian yang begitu permai.

Melihat aliran air di celah sisi samping kanan, menawarkan debit yang cukup besar dengan tataran batu ber-undak kecil yang timbul menghasilkan lajur dari air sungai menjadi tertumbuk-tumbuk kebawah.

Sedangkan pada bagian sebelah kiri nya lebih kecil dan menyembur bebas, ketika sore hari akan teduh berkat pohon kelapa yang menaungi Curug Huis Bagian sebelah kiri dari sinar matahari yang tak jauh dari area curug. 

Warna air agak keruh tapi tidak berbau. Bersinggasana dibawah bukit dengan dikelilingi pesawahan hijau lengkap tersusun bertingkat terlihat seperti tangga berkat hasil kerja keras petani membuat terasering di persawahan justru menciptakan pemandangan baru yang keren buat dipandang mata. 

Curug Huis Bandung Barat by @renaldiiiiiiiiii
Curug Huis Bandung Barat by @zafranrimbawan

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Huis

Semua fasilitas kebutuhan tidak ada! Curug Huis ini masih sekedar merupakan potensi sumberdaya alam, dalam keadaan alami dan berada di tengah-tengah usaha budidaya persawahan yang dilakukan masyarakat, daya tarik mungkin hanya sebatas penasaran karena beberapa wisatawan yang ingin melihat lestari alamiah itu terjaga, sehingga para wisatawan memperoleh kesegaran jasmaniah dan rohaniah, mendapatkan pengetahuan dan pengalaman serta menumbuhkan inspirasi dan cinta terhadap alam.

Persiapkanlah ini sebelum ke Curug Huis

Gunakan kerndaraan pribadi, bawa baju ganti, bawa makanan secukupnya, dan datanglah di musim kemarau supaya melakukan tracking lebih mudah. Mungkin debit air akan kecil tapi tidak akan terlalu keruh .

Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 23 September 2022

Posting Komentar