Translate

Curug Buana dengan 7 tampian air terjun bertingkat

Curug Buni Buana atau dikenal Curug Buana ini terletak di ujung sungai Desa Bojongsalam yang masih asri dan belum banyak diketahui, bisa menjadi pilihan liburan wisata alam dengan penuh petualangan seru, apalagi bagi yang suka adventure, sudah pasti cocok akan tantanganya.

Selain itu tidak jauh dari Curug Buana terdapat beberapa curug lain dibelakangnya yang bisa sekalian anda kunjungi mumpung berada dikawasan ini, adapun curug dibelakangnya yang pertama ialah Curug Huis jaraknya 650 meter dari Curug Buana dengan menyusuri sungai.

kemudian dibelakang nya lagi ada Curug Mahayu yang berjarak 950 meter dari Curug Buana jika menyusuri sungai, lalu kita juga bisa berkunjung ke Curug Sirah, kalau diambil jarak lurus dari Curug Buana jaraknya sekitar 830 meteran. Pasti menang banyak, cuman yang disayangkan hanya pada akses jalan nya saja yang benar-benar apa adanya.

Curug Buana by Sobat Alam Sunda
Curug Buana by Sobat Alam Sunda
Curug Buana dari atas tebing by Klaster Kreatif

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Buana

Bagi yang malas berkendara, sebenarnya bisa juga anda menggunakan kendaraan umum untuk menuju Curug Buana, jika dari bandung, cobalah naik angkutan umum sebagai berikut :

  • => Naik angkot jurusan Cicaheum - Ciroyom 
  • => Naik Elf jurusan Ciroyom-Bunijaya di Terminal Bus Ciroyom 
  • => sampai di Terminal Bunijaya, 
  • => lanjutkan perjalanan dengan kendaraan ojek menuju Desa Bojongsalam, 

Setelah berada di desa bojongsalam anda hanya tinggal menanyakan pada warga sekitar yang ramah untuk sampai ke Curug Buana.

Tapi menurut saya disarankan menggunakan kendaraan pribadi, bilamana tidak ingin ribet naik turun kendaraan dan lebih hemat biaya!.

Akan halnya akses jalan tracking yang harus ditempuh masih seadanya membuat pegal pada kaki. sudah pasti terengah-engah dan adakala kita harus berorientasi pada jalur yang akan kita lewati, maka dari itu tracking disarankan dari pagi,  jika pada siang hari, stamina mudah lelah, karena panas nya terik matahari menyerap dua kali lebih cepat dari biasanya.

Terlebih itu sepadan banget, jiwa eksplor meronta di sepanjang perjalanan karena disuguhi pemandangan pesawahan warga, melewati sungai, melalui perkebunan juga bentangan bukit hijau sejuk pula memanjakan mata, sehingga nanti berpuas diri sesampai nya disana.

Alamatnya berada di Kampung Cikaret Bojongsalam, Kec. Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40556

Titik Google Maps https://goo.gl/maps/kLsSuuE6DEqB99547

Koordinat : -6.976179870930389, 107.22287401535272

Harga Tiket Masuk ke Curug Buana

Sejauh ini untuk menuju kesana tidak akan kena tarif tiket masuk, karena masih belum ada pengelola yang jelas dan resmi untuk menjadikan ini sebuah tempat wisata umum!, alias GRATIS. bagi yang membawa kendaraan pribadi, parkir dititip pada rumah warga sekitar, jangan lupa memberi dengan sewajarnya saja.

Tiket Masuk Gratis

Jam Operasional/Buka

Belum ada jam operasional berlaku, jika ingin menuju curug dengan waktu yang tepat datanglah pada musim kemarau di pagi hari, agar debit air turun dan bersih

Setiap Hari 24 jam

Yang diunggulkan di Curug Buana

Sebuah air terjun yang memiliki 7 (tujuh) tampian curug yang bertumpuk dalam 1 turunan bertingkat-tingkat, memang keren sih! tiap-tiap turunan curug mempunyai postur unik tersendiri dan tinggi yang beragam, rata-rata ketinggian masing-masing tiap turunan curug tersebut memiliki kurang lebih 20 meteran, jadi bisa disimpulkan curug buana mempunyai ketinggian yang sangat tinggi yakni lebih dari 100 meter.

Melihat muara air terjun dari ketinggian tebing atas! benar-benar sudut pandang terbaik dalam menikmati semuanya, tapi tidak disarankan bagi anda karena sangat berbahaya sekali, perlu modal nekat dan kehati-hatian ekstra untuk melakukan hal tersebut. Mengingat belum ada nya penunjang fasilitas keamanan disana.

Di kaki paling dasar (paling bawah curug) tersebar batu-batu banyak banget bergelimpangan, selain itu dikelilingi nuansa pegunungan dan perbukitan yang indah dan juga terjang. Kawasan curug tersebut masih alami, asri banget.

Salah satu tingkatan Curug Buana by @sarafbegundal
Salah satu tingkatan Curug Buana by @iniferiiiii__

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Buana

Belum ada pembangunan baik untuk sarana akses jalan menuju curug tersebut maupun jalan sarana transportasi menuju kawasan Curug yang terbilang masih sedikit sulit dilalui oleh para pengunjung hanya dapat dilalui oleh kendaraan bermotor saja (roda dua). dan memang kawasan ini belum menjadi sebuah tempat wisata resmi sehingga fasilitas untuk menuju tempat ini masih alakadarnya. Yang menjadi faktor salah satu penyebab vital, kenapa jarang diketahui orang dan tidak populer khusus nya di jawa barat! untuk saat ini. Padahal Keren Parah sih Curug nya.

Persiapkanlah ini sebelum ke Curug Buana

Untuk menuju tempat ini dianjurkan untuk memiliki perbekalan yang cukup dan stamina yang fit karena jalan yang ditempuh dilematis

Berkunjung pada musim hujan dan membawa anak sangat tidak dianjurkan!


Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 21 September 2022

Posting Komentar