Translate

Curug Mahayu Bandung Barat

Ialah salah satu dari 4 (empat) air terjun di desa bojongsalam, yang berada di urutan paling atas,

Penamaan Curug Mahayu menurut warga sekitar, mitosnya beredar suatu ketika ada seorang anak-anak dan nenek-nenek yang sedang beraktivitas di kawasan area curug ini, lalu pada saat itu sang anak tersebut terbawa oleh arus air sampai kebawah sambil mengatakan "ma hayu - ma hayu". Adapun asal kata nya adalah :

  • Mahayu => Ma Hayu => Mak Hayu => Emak Hayu

Pengucapan dari kalimat "Mak hayu". Mak sendiri merupakan bentuk pendek dari Emak. Sehingga kalimat lengkapnya adalah "Emak hayu". "Emak hayu" dalam bahasa indonesia berarti "Bu, ayo!"

Kesan nya memanggil dan memberikan dorongan kepada sang nenek dengan suatu ajakan! tapi entahlah saya tidak bisa menyimpulkan kondisi. yang jelas arti nama Mahayu yakni seruan kepada ibu-ibu!. 

Curug Mahayu by @indra_ozora99
Curug Mahayu by Ayi Sunardi

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Mahayu

Beralamat di Kp. Cigadog Desa Bojongsalam, Kec. Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40556

Anda bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju Curug Mahayu , jika dari bandung, cobalah naik angkutan umum sebagai berikut : => Naik Angkot Jurusan Cicaheum - Ciroyom => Naik Elf Jurusan Ciroyom-Bunijaya Di Terminal Bus Ciroyom => Sampai Di Terminal Bunijaya, => Lanjutkan Perjalanan Dengan Kendaraan Ojek Menuju Desa Bojongsalam, Setelah berada di desa bojongsalam anda hanya tinggal menanyakan pada warga sekitar yang ramah untuk sampai ke Curug Mahayu. 

Namun disarankan menggunakan kendaraan pribadi, jika tidak ingin ruwet naik turun kendaraan dan lebih hemat uang!.

Akses jalan setapak yang harus ditempuh masih seadanya beralaskan tanah curam karena Tempat ini belum banyak diketahui oleh para penikmat Air Terjun dan belum dikelola menjadi tempat wisata umum. kesulitan dalam menuruni lembah apa lagi kalau basah, sangat tidak disarankan karena berbahaya!, disepanjang perjalanan disodorkan pemandangan pesawahan dan kebun warga,  bukit-bukit hijau sejauh mata memandang asri dan sejuk.

Titik Google Maps https://goo.gl/maps/PBuyyxHfNBrKAwET6

Titik Koordinat -6.974269424849148, 107.22983951812542

Harga Tiket Masuk ke Curug Mahayu

Untuk menuju Curug Mahayu tidak akan kenakan tiket masuk, karena masih belum ada pengelola yang jelas dan resmi untuk menjadikan ini sebuah tempat wisata umum!, alias GRATIS. lalu untuk anda yang membawa kendaraan pribadi, parkir dititip pada rumah warga sekitar, jangan lupa memberi dengan sewajarnya saja.

Tiket Masuk Gratis

Jam Operasional/Buka

Belum ada jam operasional berlaku, jika ingin menuju curug dengan waktu yang tepat datanglah pada musim hujan, agar debit air besar

Setiap Hari 24 Jam

Yang diunggulkan di Curug Mahayu

Meskipun airnya tidak begitu jernih tapi Air Terjun ini Cukup besar dan Indah ketika musim hujan. sekilas nampak seperti Curug Malela. Jika pada umumnya sebaran batuan di curug terlihat mulus, namun berbeda dengan Curug Mahayu, tekstur batuan yang dimiliknya cukup unik ber-perak kasar terhampar tidak beraturan, Estetika seni alam yang begitu menawan! 

Selain itu didepannya terbentang pemandangan pegunungan dan perbukitan juga pesawahan warga setempat yang indah memanjakan mata

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Mahayu

  • Kawasan ini belum menjadi sebuah tempat wisata resmi sehingga segala fasilitas penunjang kebutuhan kita di tempat ini masih apa adanya. 
  • Belum ada pembangunan baik untuk sarana akses jalan menuju curug tersebut  ataupun tempat istirahat, mushala, dan toilet (semuanya alakadarnya)
  • Jalan sarana transportasi menuju kawasan Curug yang terbilang masih sedikit sulit dilalui oleh para pengunjung hanya dapat dilalui oleh kendaraan bermotor saja (roda dua). dan 
  • Jika ingin mandi dibawah air terjun sebaiknya hati-hati terhadap serpihan-serpihan batu dan bambu yang ikut terjatuh kebawa arus sungai!

Persiapkanlah ini sebelum ke Curug Mahayu

Untuk berwisata ke tempat ini perlu membawa perbekalan secukupnya dan stamina yang cukup karena tempatnya terletak di perbukitan diantara sawah dan ladang penduduk. Topi menjadi kelengkapan yang penting karena tempat ini cukup terbuka sehingga cukup panas


Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 22 September 2022

Posting Komentar