Translate

Jejak abad ke abad pencak silat

Bersama aliran waktu, kita akan membuka lembaran sejarah yang memukau dalam perjalanan Pencak Silat. Dari benih awal yang ditanamkan, gerakan kuno tumbuh perlahan, menghembuskan nafas pertama pada seni bela diri yang tak ternilai. Istilah "silat" pun muncul dalam abad-abad yang lalu, membawa semangat perlawanan yang terjalin dalam kisah-kisah lisan.

  • Pada abad ini, perkiraan awal munculnya praktik-praktik yang kemudian menjadi asal mula Pencak Silat, diikuti oleh beberapa bukti pendukung seperti :

    • Dimulai dari teori Donn Dreager dalam penelitiannya tentang senjata dan ilmu bela diri indoensia, mengatakan bahwa kepulauan Riau memainkan peran penting dalam penyebaran pencak silat ke seluruh kepulauan nusantara. Sejak abad ke-7, Riau berperan sebagai pelabuhan utama kerajaan Buddha Sriwijaya
      Ian Douglas Wilson
    • Temuan sebuah artefak senjata dari era Hindu-Buddha yang dihiasi dengan pahatan dan relief menggambarkan gerakan kuda-kuda, yang merupakan dasar dari teknik dalam Pencak Silat
      Kemendikbud
    • Temuan relief di Candi Borobudur
      TWC Media
    • Temuan relief juga ada di Candi Prambanan
      Erik R. Prabowo
    • Bisa dilihat pada masa penjajahan Belanda, silat sudah ada dan dipakai untuk melawan penjajah.
      Kompas
    Namun pada masa ini penamaan bahwa itu merupakan pencak silat belum ditentukan secara istilah.
  • Narasi pada abad ini Di iringi dengan :

    Pertumbuhan seni bela diri disertai dengan ajaran spiritual, Pada zaman kerajaan, seni bela diri sudah digunakan untuk keamanan dan perluasan wilayah melawan kerajaan lain. Beberapa kerajaan memiliki prajurit yang mahir dalam seni bela diri untuk menjaga wilayah mereka, meskipun istilah "pencak silat" belum dikenal saat itu. Pada tahun 1019-1041, di masa pemerintahan Prabu Erlangga dari Sidoarjo, sudah dikenal seni bela diri yang disebut "Eh Hok Hik," yang berarti "Maju Selangkah Memukul" (Notosoejitno, 1999).
    student-activity linisehat
  • Abad Pelopor Pencak Silat

    • 1119 - Silek atau silat muncul di Minangkabau, Sumatera Barat, Indonesia - Terceritakan Silek Berfungsi sebagai perlindungan saat merantau dan pertahanan daerah, silek berasal dari cerita lisan dan memiliki pengaruh dari daerah-daerah seperti Limau Kapeh, Lintau, dan Koto Anau. Tokoh penting dalam silek termasuk Datuak Suri Dirajo yang memulainya pada abad ke-12. Nama-nama seperti Kambiang Utan, Harimau Campo, Kuciang Siam, dan Anjiang Mualim datang dari daerah seperti Kamboja, Champa, Siam, dan Persia. Silek di Minangkabau adalah hasil gabungan ilmu beladiri lokal dan pengaruh luar Nusantara
      kemdikbud
    • 1169 - Pada tahun ini, Abah Khaer diakui sebagai penemu Maenpo Cimande, meskipun asal dan pelatihannya masih menjadi perdebatan. Menurut Bapak Rifai, aliran Pencak Silat Cimande pertama kali diciptakan oleh seorang pendekar bernama Mbah Kahir pada pertengahan abad ke-XVIII, sekitar tahun 1169. Mbah Kahir adalah seorang guru yang sangat dihormati dalam komunitas Pencak Silat Cimande
      p2k.stekom
  • Abad perkembangan silat mencapai seluruh nusantara

    Pada abad ini, terjadi percepatan perkembangan pencak silat yang signifikan, yang memiliki dampak besar pada penyebaran dan penerimaan seni bela diri ini di seluruh Nusantara. Pencak silat diintegrasikan sebagai bagian dari latihan spiritual di berbagai pesantren oleh para penyebar ajaran Islam.
    Gramedia
  • Mulai munculnya tulisan tentang pencak silat, ketika penjajah Eropa mulai mencatat seni bela diri.

    • Pada masa ini terdengar akar Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong atau PPS Betako Merpati Putih mulai terbentuk, Seni bela diri Merpati Putih sendiri merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang akarnya mulai terbentuk sejak 1550-an
      Tempo
    • Catatan tertulis tentang kehebatan seni bela diri pencak silat mulai muncul pada abad ini, ketika penjajah Eropa memulai usaha untuk mendokumentasikan kekayaan budaya ini. Sejak saat itu, pencak silat tidak hanya menjadi seni bela diri yang kuat tetapi juga jendela melalui mana dunia dapat melihat warisan dan kekayaan budaya yang dalam di Indonesia.
      digilib.uinsgd
  • Pada masa ini terdengar

    Silat Cimande - bersama dengan Sera (aliran kera), Pamacan (aliran harimau) dan Trumbu (pertarungan tongkat) merupakan aliran pencak silat yang didirikan Embah Kahir di akhir 1700-an di Jawa Barat
    Wikipedia
    • -
  • Pada abad ini kemungkinan terjadi akulturasi pada pencak silat jawa barat

    • 1776-1813 - Pencak Silat di Jawa Barat memiliki beberapa aliran, seperti Cimande, Cikalong, Syahbandar, dan lainnya. Pencak Silat Cimande pertama kali diperkenalkan oleh Sakir, seorang tokoh Pencak Silat di Kabupaten Cianjur. Sakir, yang dikenal dengan "luhung elmu"-nya, sangat dihormati oleh masyarakat setempat. Ketika Bupati R. Aria Wiratanudatar II (Dalem Enoh) memerintah Kabupaten Cianjur pada tahun 1776-1813, Sakir diangkat sebagai guru Pencak Silat dan keamanan di Kabupaten, dan di antara murid-muridnya terkenal adalah putra Dalem Enoh, R. Wiranaga, yang diberi julukan Aria Cikalong.
      dispora.jabarprov
    • 1780 - Kemudian terdengar kisah menarik Di Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur, muncul aliran baru yang diperkenalkan oleh Haji Ibrahim dengan nama aliran Cikalongan. Sementara itu, di Karawang, aliran Cimande dan Cikalong tumbuh dengan kuat. Pencak Silat tidak hanya seni bela diri, tetapi juga merupakan perwujudan budaya dengan berbagai sebutan seperti maenpo, usik, atau ibing pencak. Menurut ahli sejarah di Kabupaten Cianjur, pada tahun 1780, Sakir mencoba kemahirannya dalam Pencak Silat dengan seorang orang Cina dari Macao di alun-alun Cianjur dan berhasil memenangkan pertarungan.
      kemdikbud dispora.jabarprov
    • 17xx - Perdagangan abad ke-18 dan 19 membawa seni bela diri Tiongkok ke Jawa. Pedagang dari Shantung, yang menjadi dikenal sebagai "minding" di Priangan pedalaman, membawa para pendekar Tiongkok sebagai pengawal di kapal dagang yang berlayar ke pelabuhan besar di Jawa seperti Jayakarta (Jakarta) dan Banten. Mereka mengajarkan seni bela diri kepada kuli setempat untuk melindungi majikan mereka dari serangan perampok. Selain itu, perdagangan kuda juga memfasilitasi akulturasi teknik-teknik pencak silat Sumatera dengan tradisi penca Sunda pada abad ke-18.
      Ian Douglas Wilson
  • Pada abad ini, kata "Pencak Silat" dipilih sebagai istilah pemersatu seluruh bela diri tradisional dan meraih popularitas besar di Indonesia

    • 1903 - Aliran Pencak Silat resmi pertama di indonesia: PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate), oleh Eyang Suro (Ki Ngabehi Soeromihardjo), nama awal Djojo Gendilo Tjipto. (Salah satu Cikal dari 10 perguruan perintis di IPSI)
      Gramedia
    • 1932 - Pada tahun ini diketahui awal cikal berdirinya perguruan Perpi Harimurti oleh Eyang Sukowinadi di Yogyakarta. beliau adalah guru besar Perguruan Pencak Indonesia Harimurti. beliau belajar pencak kepada R.M. Harimurti yang pada tahun 1932. R.M. Harimurti memberi izin untuk mendirikan perguruan Perpi Mataram yang kemudian hari menjadi PerPi Harimurti.
      - Masih ditahun yang sama, PSH (Persaudaraan Setia Hati) mulai berdiri di Semarang, sebagai perwujudan ikrar bersama sejumlah kadhang SH dari berbagai daerah. Awalnya, organisasi ini disebut Setia Hati Organisasi (SHO) karena terdiri dari orang-orang SH yang berorganisasi.
      (Kedua perguruan ini yakni Perpi Harimurti dan PSH merupakan Cikal dari 10 perguruan perintis di IPSI)
      jaringansantri pencaksilatbersatu
    • 1948 - Awal mula, terbentuknya organisasi nasional pencak silat, yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), melalui musyawarah yang dihadiri oleh tokoh perguruan pencak silat. Awalnya, organisasi ini dikenal sebagai IPSI (Ikatan Pencak Seluruh Indonesia) sebelum kemudian berubah nama menjadi IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). IPSI didukung oleh Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI). Namun, pengakuan resmi dari pemerintah Republik Indonesia baru diterima pada tahun 1950 setelah diadakannya kongres di Yogyakarta. IPSI dapat dikatan sebagai salah satu organisasi silat tertua di dunia. dan istilah kata 'Pencak Silat' dipilih sebagai pemersatu seluruh bela diri tradisional.
      ejournal.unesa Gramedia
    • 1950 - Didirikannya Perguruan Phashadja Mataram pada 20 Oktober 1950 di Yogyakarta (dan Salah satu dari 10 perguruan perintis di IPSI)
      pencaksilatindonesia
    • 1955 - Di Surabaya, Jawa Timur aliran pencak silat Perisai Diri (Salah satu dari 10 perguruan perintis di IPSI) Dibentuk yang didirikan oleh RM Soebandiman Dirdjoatmodjo pada 2 Juli 1955. dan pada tahun ini juga Perguruan Pencak Silat Betako Merpati Putih akarnya mulai terbentuk. Selain itu Perguruan Pencak Silat Satria Muda Indonesia (SMI) yang merupakan pengembangan dari Perguruan “Baringin Sakti” mulai didirikan pada tahun ini juga
      Gramedia sport.tempo kampoengsilatjampang
    • 1957 - Pada tahun ini PPSI (Persatuan Pencak Silat Indonesia) mulai berdiri (dan Salah satu dari 10 perguruan perintis di IPSI)
      ejournal.unesa
    • 1963 - Awal berdiri Perguruan Tapak Suci Putera Muhammadiyah pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta (dan Salah satu dari 10 perguruan perintis di IPSI).
      Dan pada tahun ini juga Perguruan Pencak Silat Betako Merpati Putih secara resmi didirikan di Yogyakarta yang akan menjadi cikal anggota IPSI
      kemahasiswaan.itb sport.tempo
    • 1967 - Awal Perisai Putih didirikan tepatnya pada tanggal 1 Januari 1967 dengan nama Yusika Perisai Putih, namun nama tersebut diganti karena berbau asing maka pada konggres IV IPSI di Jakarta 1973 ditetapkan menjadi PSN Perisai Putih (dan Salah satu dari 10 perguruan perintis di IPSI)
      perisaiputih-jakut
    • 1968 - Awal Perguruan Silat Keluarga Pencak Silat Nusantara (KPS Nusantara) di dirikan oleh Tiga Pendekar, yaitu; Alm. Moh. Hadimulyo, BSc, Dr. Moh. Djoko Waspodo dan Alm. dr. Rachmadi Djoko Suwigyo dengan nama : “Study Group Pencak Silat Nusantara”. Ketiganya sama-sama belajar pada seorang pendekar besar Perguruan Pencak Silat Setia Hati, yakni Bapak Mariyun Soedirohadiprojo. (dan Salah satu dari 10 perguruan perintis di IPSI)
      wikipedia
    • 1972 - PPS Putra Betawi dibentuk pada tanggal 20 Januari 1972 sebagai suatu wadah yang mempersatukan berbagai perguruan dan aliran silat Betawi ke dalam suatu organisasi. (dan Salah satu dari 10 perguruan perintis di IPSI)
      pencaksilatindonesia
    • 1973 - Penggunaan kata atau istilah "pencak silat" baru mulai populer setelah diselenggarakan seminar pencak silat di Tugu, Kedu pada tahun 1973.
      ejournal.unesa
    • 1980 - Organisasi yang menjadi wadah dari berbagai federasi pencak silat di seluruh belahan dunia biasa disebut Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Pesilat), yang dibentuk pada tanggal 11 Maret 1980 oleh para negara pendiri, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.
      Gramedia
    • 1986 - Pagar Nusa menjadi sebuah wadah perkumpulan pencak silat di bawah NU, Beberapa ragam dari pencak silat Pagar Nusa, yaitu Pagar Nusa Gasmi, Pagar Nusa Batara Perkasa, Pagar Nusa Satria Perkasa Sejati atau Saperti, dan lain sebagainya.
      Gramedia
    • 1986 - Kejuaraan Dunia Pencak Silat pertama di luar Asia, mengambil tempat di Wina, Austria.
      Wikipedia
    • 1991 - Tahun Perguruan KATEDA INDONESIA mengganti namanya menjadi Perguruan PSTD INDONESIA, dan saat ini, merupakan salah satu perguruan besar yang menjadi anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). - Dan ditahun ini juga, merupakan berdirinya Lembaga Pengembangan Ilmu Beladiri Tenaga Dalam Tetada Kalimasada (yang sekarang anggota IPSI) tepatnya tanggal 24 November 1991 yang selalu diperingati pada setiap tahunnya
      pstd-indonesia Tetadakalimasada
    • 1993 - Tahun Asal Mula Perguruan besar Silat Nasional (PERSINAS) ASAD berdiri dan menjadi anggota IPSI.
      Asad
  • Pada abad ini, UNESCO mengakui Tradisi Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda

    • 2002 - Pencak Silat diperkenalkan sebagai bagian program pertunjukan di Asian Games di Busan, Korea Selatan untuk pertama kalinya
      Wikipedia
    • 2017 - Pemerintah Republik Indonesia mengajukan Pencak silat kepada UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia pada bulan maret
      Gramedia
    • 2010 - Kejuaraan Dunia Pencak Silat mengambil tempat di Jakarta, Indonesia pada bulan Desember.
      Wikipedia
    • 2019 - The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan bahwa pencak silat sebagai Warisan Budaya Tak Benda Dunia (Intangible Cultural World Heritage) pada tanggal 13 Desember 2019.
      Gramedia


JADI Dari serangkaian data yang disajikan, kita dapat menyimpulkan perjalanan gemilang Pencak Silat sebagai seni bela diri tradisional Indonesia. Pencak Silat tidak hanya merupakan warisan budaya yang kaya, tetapi juga telah mengalami perkembangan yang signifikan selama berabad-abad.

Pada awalnya, praktik seni bela diri ini muncul di tengah-tengah masyarakat, dengan akar yang kuat dalam budaya dan spiritualitas. Seiring berjalannya waktu, Pencak Silat menjadi bagian integral dari budaya Indonesia, bahkan sebelum istilah "pencak silat" populer digunakan. Di bawah pengaruh Islam, seni bela diri ini tumbuh bersama ajaran spiritual dan menjadi keunggulan teknik dalam sistem bela diri.

Abad-abad berikutnya menyaksikan perkembangan yang pesat, di mana Pencak Silat menjadi semakin penting untuk melindungi wilayah dan sebagai alat perlawanan terhadap penjajah. Berbagai aliran dan perguruan Pencak Silat bermunculan di seluruh Nusantara, mencerminkan keragaman budaya dan geografis Indonesia.

Abad ke-20 membawa popularitas yang luar biasa bagi Pencak Silat, dengan berdirinya Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) pada tahun 1948 dan penggunaan istilah "pencak silat" yang populer pada tahun 1973. Dalam abad ke-21, Pencak Silat meraih pengakuan internasional, terutama dengan status Warisan Budaya Tak Benda Dunia dari UNESCO pada tahun 2019. NAMUN! pengakuan tersebut bisa dicabut Jika tidak ada upaya yang cukup untuk melestarikan.

Kesimpulan pendek nya ialah : Pencak Silat adalah sebuah seni bela diri yang tak hanya melindungi fisik, tetapi juga menggambarkan kekayaan budaya dan sejarah Indonesia. Dalam perkembangannya, Pencak Silat telah menghubungkan masa lalu, masa kini, dan masa depan, menjadikannya warisan yang patut dijaga dan dihargai oleh generasi-generasi mendatang.

Posting Komentar