Translate

Wisata Curug Luhur Cibodas / keraton Bellarosa dan Citunggul

Wisata Curug Luhur Cibodas adalah nama atau sebutan suatu kawasan wisata yang sangat luas di Desa Suntenjaya. Didalam nya terdapat beberapa tempat yang bisa kita jelajahi sepuasnya. 

Ada 2 tempat wisata yang menjadi bintang dan sorotan utama para wisatawan di kawasan wisata ini yakni Curug Bellarosa dan Curug Citunggul yang sering disebut dengan Curug Luhur Cibodas.


1. Curug Bellarosa
Curug keraton Bellarosa by Breakingdowns Telegram Service
Curug keraton Bellarosa by Breakingdowns Telegram Service
Curug keraton Bellarosa by Breakingdowns Telegram Service

Tempat yang pertama ini adalah posisi yang paling diunggulkan di kawasan Wisata Curug Luhur Cibodas. Wisata Curug Bellarosa dibuka untuk umum sejak tahun 2017, dikelola oleh Eka Harapan. Mempunyai pondasi daya tarik pengunjung yang cukup kuat yakni sebuah batuan tebing yang di genangi mata air bersih dan jernih turun pada sela - sela bebatuan yang elok dan sudah memiliki fasilitas penunjang yang bisa kita harapkan, membuatnya populer di kawasan Wisata Curug Luhur Cibodas. Saking populer nya tempat tersebut mengalahkan pamor dari nama kawasan utama nya sendiri sehingga tatkala orang menyebut dengan nama kawasan nya tersebut. menimbulkan Curug Bella rosa memiliki 4 (empat) buah nama yang berbeda, adapun nama-nama lain tersebut ialah :

  • 1. Curug Ratu Suntenjaya
  • 2. Curug Keraton Cibodas
  • 3. Curug Bellarosa
  • 4. Curug Luhur Cibodas  


2. Curug Citunggul
Curug Citunggul by Myshop martin
Curug Citunggul by Myshop martin

Kemudian tempat yang sering dikunjungi setelah Curug Bellarosa ialah Curug Citunggul. Curug Citunggul ini merupakan sebuah air terjun yang jauh dipelosok hutan dengan ketinggian yang luar biasa, favoritnya para motor biker dan para pengeksplor. Anehnya banyak juga orang yang menyebutnya Curug Luhur Cibodas

Selain itu situasi yang bisa anda lihat di Wisata Curug Luhur Cibodas menawarkan banyak wahana, dan fitur menarik lainnya. Penduduk setempat disekitar rata-rata pada bercocok tanam, seperti cengek dan cabe karena memang Lembang ini terkenal juga selalu menghasilkan hasil kebun-kebunan yang segar, berkat ketinggian dan air nya yang bersih.

Mari kita lihat bersama-sama ada apa di wisata Wisata Curug Luhur Cibodas itu, lantas keunikan apa, yang keberadaanya membuat penasaran para pengunjung dari luar wilayah dan wilayah sekitarnya, padahal tidak jauh dari sana ada wisata yang sangat terkenal dilembang seperti The Lodge Maribaya dan Maribaya Natural Hot Spring Resort & Glamping Tent.


OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Luhur Cibodas

Untuk Menuju ke lokasi ini, ada banyak rute yang bisa dilewati salah satunya melewati jalan dago lalu belok kiri ke jalan dago giri sampai tembus ke jalan maribaya, setelah masuk ke jalan maribaya kurang lebih 6,5 km nanti bertemu Indomaret Cibodas yang berhadapan dengan Alfamart, dari situ belok kiri ke jalan gondok sampai ke atas sekitar 3 km jalan masuk sebelum pos tiket sebagian berlumpur sangat sempit dan menanjak terjal cukup untuk satu mobil kecil untuk sampai di pintu masuk Wisata Curug Luhur Cibodas

Setelah dari pintu masuk, selanjutnya anda tinggal memutuskan ingin tracking ketempat mana terlebih dahulu. Anda bisa Tracking dengan berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan bermotor untuk menjelajahi area tempat disini.

Jika anda ingin ke Curug Keraton Bellarosa jarak dari pintu gerbang masuk sampai lokasi jaraknya kurang dari 1 km, yang akan memakan waktu sekitar 15 menitan dengan berjalan santai melewati hutan pinus.

Hutan Pinus Wisata Curug Luhur Cibodas by Danny Andreas
Hutan Pinus Wisata Curug Luhur Cibodas by Ruri Rizki

Curug Keraton Bellarosa Beralamat di Jl. Barukisu Kp. Gandok, Suntenjaya, Kec. Lembang, 
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Titik Google Maps Curug keraton Bellarosa https://goo.gl/maps/XoVQneBVU8ehic6m6

Kemudian Jika anda ingin menuju Curug Citunggul, Tempatnya agak lumayan jauh juga di jangkau, setengah jam dari masuk pintu gerbang untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Aksesnya bisa di tuju langsung ke tempat wisata dengan mengendarai motor, jaraknya sekitar 500 meter dari Curug Keraton Bellarosa, mendekati kesana anda akan menemukan banyak pepohonan besar yang tumbang menghalangi jalur tracking kalian.

Titik Google Maps Curug Citunggul https://goo.gl/maps/A8duDw2vTnJbme4HA

Harga Tiket Masuk ke Curug Luhur Cibodas

Pos tiket terkadang kosong, padahal ketika hari weekend juga suka tidak ada yang jaga. biasanya harga tiket masuk adalah sebagai berikut :

Tiket Masuk (Lokal) Rp. 5.000
Parkir Motor Rp. 3.000
Parkir Mobil Rp. 5.000

Jam Operasional/Buka

Sebenarnya kita bisa mengunjungi nya 24 jam, tapi orang-orang disana biasanya mulai aktif pada jam berikut :

Setiap Hari 07:00-17:00

Wisata yang diunggulkan di Curug Luhur Cibodas

Alasan banyak orang mengunjungi Wisata Curug Luhur Cibodas ialah karena kita bisa mengeksplor berbagai tempat dan sudut yang sunyi dengan ketenangan hakiki yang aman di dompet (murah meriah) dengan Curug sebagai pusat nya, hal ini tentu memberikan kenyamanan serta ke was-wasan dalam berwisata yang enak di pengeluaran.

Curug keraton Bellarosa by Penni Arlianti
Curug keraton Bellarosa by 4NC Explorer
Curug keraton Bellarosa by Acep
Curug keraton Bellarosa by Anita Yuliani

Mulai dari tempat Curug Bellarosa yang memilikir 2 (dua) tingkatan air, bercabang pada batuan bertekstur kekar nan keren dengan jalur sungai kecil dari mata air Curug Bellarosa yang mengalir jernih, sudah membuktikan pada mata bahwa disana terdapat sesuatu yang bersih terjaga oleh alam, dan memberi tahu betapa beningnya air yang kita lihat, bisa dibilang tidak sia-sia kalau anda mau mengunjungi tempat ini 

Selaint itu banyak selokan-selokan kecil merabas kesekitarnya, hasil aliran air yang diteruskan dari Curug Bellarosa, dinginnya air nan asri tatkala kuat menahan untuk berendam, mencuci muka atau bahkan mandi di air tersebut. melahirkan kenyamanan seketika kesunyian yang ditawarkan cukup memanjakan hati.

Selanjutnya Ketenangan pada situasi sekitar, yang dikelola dengan baik tanpa mengubah keasrian lingkungan di kawasan tersebut. Karakteristik atau perwujudan wisata yang mampu menyingkirkan rasa jenuh dan kegalauan yang mungkin anda derita. Dengan kondisi iklim yang dingin juga pemandangan - pemandangan yang indah pohon pinus, mendukung peran terhadap sesuatu yang tak bisa dibantah atau disangkal. Membuat kesejukannya tidak bisa dipungkiri lagi

Belum lagi Curug Citunggul yang memberikan kepuasan tersendiri pada saat menjelajahinya, suasana air terjun yang nampak perkasa nan tampan dengan hembusan angin kuat membasuh tubuh oleh kepulan rintikan airnya yang jatuh, suasana disampaikan begitu meriah berkat hantaman suara sang air yang terjun bebas secara langsung kebawah tanpa adanya sentakan dari ketinggian yang spektakuler.

Tertancap nya pepohonan pada sisian tebing air terjun memantapkan keasrian yang mempesona, dan terlihat ribuan tumbuhan hidup berkerumun indah tepat berada dibawah kakinya, sejenak penat, lesu dan lelah akan habis dimakan pemandangan sekitar yang bersatu padu terhadap kemegahan Curug Citunggul.


Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Luhur Cibodas

Fasilitas yang ada di pintu masuk Wisata Curug Luhur Cibodas :

  • Parkir cukup luas namun masih beralaskan tanah,
  • Saung Untuk Beristirahat
  • Hammock di hutan pinus untuk kamu yang ingin bersantai sekaligus berfoto
  • Jalan Setapak sebagian masih menggunakan tanah yang berlumpur bekas jalan motor trail
  • Papan Penunjuk Arah Ada
  • Tempat istirahat unik dengan atap yang melingkar mirip payung lengkap kursi dan meja nya
  • Tempat duduk dan meja juga ada
  • Jembatan kecil alakadarnya menggunakan tangkai pohon yang dijejerkan
  • Outbond
  • Dekorasi instragramable unik tersebar disekitaran pintu masuk
  • kamar mandi dan toilet
  • Sky walking terbuat dari bambu dicat warna warmi


Adapun Fasilitas yang tersedia di Curug keraton Bellarosa benar-benar kompleks dan memadai menciptakan kenyamanan didalam menghabiskan waktu sementara di wisata alam ini

fasilitas Curug keraton Bellarosa by Faishal Muhammad
fasilitas Curug keraton Bellarosa by Nchie Hanie
fasilitas Curug keraton Bellarosa by sun sun
fasilitas Curug keraton Bellarosa by OneDayTrip

  • Sebuah Curug dengan 2 tingkatan yang keren
  • Banyak Cadas batuan yang terhampar
  • Air jernih bersih nan asri
  • Tempat parkir luas masih beralaskan tanah
  • Sepanjang sudut jalan setapak sudah di berikan pijakan batu
  • Banyak tempat istirahat unik dengan atap yang melingkar mirip payung lengkap kursi dan meja nya
  • Dekorasi instragramable unik yang terbuat dari bambu
  • Perosotan dari bambu
  • ada warung-warung kecil Kalau kalian tidak bekal kalian bisa makan di warung-warung kecil sini ada warung kecil ya dari penduduk setempat yang berjualan (kalau sepi pengunjung jarang buka!)
  • Bisa Kemping
  • Mandi di curug Bellarosa
  • Terdapat monumen yang terbuat dari kayu bertuliskan "Curug Luhur Cibodas Sunten Jaya Lembang"
  • Tempat Api Unggun
  • Ada kamar mandi dan toilet dilokasi
  • Area Jungkat Jungkit
  • Banyak Spot foto unik unik seperti mirip perahu terbuat dari bambu
  • Sky walking terbuat dari bambu

Sedangkan berbalik untuk fasilitas Curug Citunggul, semuanya pure natural tanpa ada campur tangan manusia, kemungkinan nya yang memang dibiarkan sealami mungkin?

Persiapkanlah ini sebelum ke Curug Luhur Cibodas

Dilema menunggu anda, jika anda datang pada musim hujan, anda akan dapat melihat suasana curug dengan performa maksimal, namun anda tidak akan bisa nyaman bersantai di tempat terbuka maupun di hutan pinus! dan jalanan tidak bersahabat juga becek.

Sedangkan ketika anda datang pada musim kemarau, kesejukan menanti anda, wara wiri makin enjoy walaupun debit air yang timbul di kedua curug tersebut melemah. dan aliran air dihulu sebagian dialihkan untuk perkebunan warga setempat. 

Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 18 September 2022

Posting Komentar