Translate

jalan-jalan ke waduk cirata saja

Ingin liburan atau piknik santai bersama keluarga, tapi males macet-macetan dan sayang dompet! saya rasa jalan-jalan ke sini tidak ada salahnya malahan bisa untung.

di bandung barat banyak sekali kawasan wisata, yang paling populer ya sudah pasti di lembang, apalagi kalau pada hari tertentu, banyak wisatawan berbondong-bondong menuju ke sana, alhasil kemacetan kerap terjadi, sehingga waktu banyak di habiskan dijalan!

Untuk itu sesekali putar arah kemudi anda untuk menuju kesini, jalan nya cukup sepi meskipun pada hari libur nasional, jarang sekali kemacetan terjadi di cirata ini, selain itu berwisata kecirata tak perlu bawa uang banyak-banyak. cukup dengan 205k saja bisa makan kenyang untuk porsi 5 orang plus muter-muter naik perahu terus sisanya wara-wiri di bendungan. nah murah banget kan.

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke waduk cirata

Beralamat di  Citamiang, Kec. Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41166, Indonesia. atau Jl. Sirnagalih kec. Cipeundeuy kab. Bandung barat, Jawa Barat 40558, Indonesia memang lokasi bendungan ini perbatasan nya mepet-mepet antara kabupaten bandung barat dengan kabupaten purwakarta

Untuk menuju ke waduk cirata menggunakan kendaraan umum dari arah Jakarta saya sangat menyarankan ini

  1. Naiklah Bus Primajasa jurusan Tasik/Garut - Lb. Bulus
  2. Kemudian bilang mau turun di cikalong KM 104
  3. Setelah turun di Cikalong terus naik Angkot warna kuning jurusan Cipuendeuy-Padalarang atau Cipeundeuy-Cikalong
  4. Dari sini opsional. anda mau turun di cipeundeuy dan melanjutjan naik Angkot warna ping jurusan Cipeundeuy - Plered, atau berhenti di pertigaan setelah station Rendeh, yang diharuskan memakai jasa ojek menuju Cirata nya. jika anda berombongan maka pilih turun di Cipeundeuy saja biar naik Angkot lebih murah.
  5. Setelah naik Angkot jurusan Cipeundeuy - Plered, nanti turun di bendungan cirata, karena Angkot ini melewati bendungan nya

Estimasi biaya naik kendaraan umum dari Jakarta
Bus Primajasa Tasik/Garut - Lb. Bulus Rp. 60.000
Naik Angkot Jurusan Cipeundeuy Rp. 8.000
Naik Angkot Jurusan Cipeundeuy-Plered Rp. 8.000
Total Rp. 76.000


Jika anda menuju ke waduk cirata menggunakan kendaraan umum dari Bandung saya sangat menyarankan ini

  1. Naiklah Angkot Jurusan Cicahem - Ciroyom kenapa angkot ini karena melewati banyak pasar
  2. Kemudian bilang mau turun di Terminal Ciroyom
  3. Setelah turun di Terminal Ciroyom dilanjutkan naik Bus jurusan Ciroyom-Cipuendeuy
  4. Setelah turun di Cipeundeuy naiklah Angkot jurusan Cipeundeuy - Plered warna ping, nanti turun di bendungan cirata, karena angkot ini melewati bendungan nya
Estimasi biaya naik kendaraan umum dari Bandung
Angkot Jurusan Cicahem - CiroyomRp. 8.000
Bus jurusan Ciroyom-CipuendeuyRp. 25.000
Naik Angkot Jurusan Cipeundeuy-PleredRp. 8.000
TotalRp. 41.000

Untuk Kendaraan Pribadi jika memakai jalan tol dari arah jakarta anda bisa keluar di Exit Tol Jati luhur Ciganea. => Setelah itu ikuti Jl. Raya Cilalawi => Kemudian belok ke arah Jl. Raya Plered => Terus Belok ke Jl. Raya Citeko sampai mentok menemukan Pos jaga pada awal Jl. Bendungan Cirata => ikuti terus sampai bendungan

cirata IG @maulana_net
Cirata Sebelah Jurang IG @maulana_net
waduk cirata IG @maulana_net
atas cirata IG @maulana_net

Harga Tiket Masuk ke waduk cirata

Tiket MasukGratis

Dan Awas perhatikan ketika nanti anda masuk ke kawasan waduk cirata, kemudian ada yang mematok harga tiket masuk, awas itu pungutan liar, adapun alasannya ialah kebersihanlah dan bla bla lainnya. 
Pungutan liar disini sering sekali terjadi dan tak ada kapok nya. bahkan melihat rekam jejak dahulu bisa di tagih 2-3 kali oleh orang yang berbeda pula.

Untuk masuk kekawasan ini, ingat yah!, anda tidak akan kena pungutan berupa tiket masuk! alias GRATIS cukup bayar parkir saja. kecuali anda masuk ke kawasan kampung buangan yang di tarif 5k/orang.

Kebijakan Dam cirata melarang parkir sembarangan di bendungan, karena merupakan objek vital negara jadi dijaga ketat dan ketika anda sengaja parkir di bendungan tersebut, nanti anda akan di peringatkan oleh petugas disana, tapi jangan hawatir, parkir sudah disediakan yang paling dekat, letaknya sebelum palang pintu sebelah kiri jika dari arah purwakarta. sayang sekali parkir kendaraan memang terbilang mahalnya kebangetan menurut saya. tapi karena memang ini objek vital negara, sudah seharusnya begitu.

Jam Operasional/Buka

Setiap Hari 07:00-21:00 WIB

Sebenarnya tidak ada jam operasional tertentu disini, waktu diatas dilihat dari berdasarkan buka nya kedai/warung umum di sekitar dikawasan
cirata buangan IG @maulana_net
jalan cirata IG @maulana_net
cirata IG @maulana_net
cirata IG @maulana_net

Wisata yang diunggulkan dan Fasilitas/Wahana Maupun Fitur di waduk cirata

1. Bendungan Cirata

Sebuah bendungan megah membentang hebat yang sudah beroperasi dari tahun 1988 dan jalan umum diatasnya. Pemandangan dari atas dinding bendungan begitu epic. Di satu sisi, kita bisa melihat genangan air yang sangat melimpah, di sisi lainnya kita melihat sebuah jurang yang penuh bebatuan, spot foto menarik tersedia diatas

Estimasi ke bendungan cirata
Parkir Motor di dekat Waduk Cirata Rp. 10.000
Parkir Mobil di dekat Waduk Cirata Rp. 20.000

2. Kuliner Khas Nasi Liwet dan Ikan Bakar di buangan

Banyak tempat makan dan istirahat di sekitaran kawasan. terutama di kampung buangan!  Kuliner khas yang paling diminati adalah Nasi Liwet yang lumayan murah cukup dengan 50 ribu saja di beberapa warung dipinggiran siap menyajikan Liwet tersebut. Selain itu juga terdapat banyak sajian ikan bajar hasil budidaya di danau Cirata itu sendiri. jadi si harga nasi liwet ini jika dengan lauk ikan bakar tersebut tergantung dari jenis ikan yang dipesan serta tambahan lauk lainnya, seperti tahu, tempe atau telur. jika dihitung pada umumnya untuk bersantap 5 orang dengan memesan beras 1 liter dan 1 kg ikan ditambah minuman, rata - rata dikenakan biaya sebesar Rp. 140.000 sampai 150.000. harga tersebut hampir sama untuk semua warung yang ada di buangan dan cuma beda tipis-tipis. dan tak lupa sate maranggi, sate khas dari Purwakarta yang tidak kalah penting juga ada loh!.

Setelah kuliner anda bisa menikmati suasana danau bautan yang alami. Luasnya permukaan danau dihiasi dengan banyaknya tempat budidaya ikan jaring terapung. Banyak orang yang mengejar suasana sunset disini yang indah ketika di sore hari. pada saat air sedang surut. Suasana yang tenang dengan background pemandangan perbukitan yang hijau, jadi salah satu incaran utama pengunjung ke daerah cirata. 

Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mengitari area waduk. Jika anda sudah bosan dengan sunset anda bisa coba-coba main Ke Buangan tidak jauh dari sana, anda bisa naik perahu untuk melihat suasana cirata dari sudut yang berbeda. Anda bisa menjelajahi kawasan perairan menggunakan perahu, serta melihat dari dekat tempat pembudidayaan ikan jaring terapung (kolam) sekitar. Untuk berperahu selama 2 - 3 jam mengelilingi perairan waduk, dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000 

Estimasi biaya kuliner di buangan cirata
Tiket Masuk Buangan/kendaraan Rp. 5.000
Paket Nasi liwet dan Ikan Bakar/5 org Rp. 100.000 -150.000
Berperahu mengelilingi perairan Rp. 30.000
Parkir motor Rp. 2.000
Parkir Mobil Rp. 5.000

3. Mancing Di Waduk Cirata

Selain berwisata, mancing di waduk Cirata juga menjadi daya tarik tersendiri. terkenal dengan spot-spot mancing di Cirata yang sayang dilewatkan bagi para mancingers.

Estimasi biaya mancing
Beli Umpan di dermaga Rp. 10.000
Beli Pengawur Rp. 5.000
Belu Lumut Rp. 5.000
Parkir Motor Rp. 5.000
Naik Perahu Ke tengah danau Rp. 10.000
Mancing di PJA Gratis

Untuk mancing di PJA gratis, tapi bagusnya menanyakan dulu pada penjaga kolam untuk memastikan apa bisa memancing disana dan lebih disarankan lagi memberikan makanan atau sekedar kopi untuk si penjaga kolam nya!.

4. Penginapan

Masih betah disini! tenang penginapan tentu saja ada, mau di BPWC ataupun di Villa itupun jika kantong anda masih penuh ya silakan saja. jika ingin menyewa penginapan dengan tarif murah, rumah-rumah penduduk yang dijadikan homestay dapat dijadikan pilihan dengan tarif sewa kamar permalam seharga Rp. 75.000 sampai Rp. 100.000. kalau villa sekitaran 500 ribu/malam

Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 10 September 2022

Posting Komentar