Translate

Curug Sawer Kacapi bandung barat, terkenal dikalangan orang tertentu

Penyebutan nama curug ini belum begitu pasti. terkadang ada yang menyebutnya sebagai Curug sawer atau curug sawer cimahi, tetapi warga setempat dikawasan disana menyebut curug tersebut dengan sebutan "Curug Kacapi" saja. namun di google maps sudah di tertera-kan Curug Sawer Kacapi yang berada di Cihanjuang.

Bagi orang dalam tanda kutip TAU, Curug disini terkenal sering dipakai mandi dan lain-lain, oleh orang-orang yang punya maksud atau artian tertentu.  Air Terjun ini berada di atas Curug Panganten dan masih dalam aliran sungai yang sama. disekitar kawasan yang tak jauh dari curug ini terdapat curug setelahnya, dilihat di google maps namanya Curug Sawer Cimahi yang statusnya tutup permanen. 

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Sawer Kacapi

Akses masuknya lebih direkomendasikan dari Warung Abah Uun di Katumiri Cihanjuang, yang sama sama satu jalur dengan Curug Sawer Cimahi kurang lebih nya ya sekitar 20 menitan.

Tempatnya memang tersembunyi jauh dibawah sana. Untuk menuju Curug, harus menyusuri lembah dan jalur irigasi (selokan). Jika kalau ada orang dari depan berpapasan harus ada yang ngalah dulu baru bisa lewat. tapi hati hati disamping nya langsung jurang tanpa pembatas yang cukup dalam, kemudian anda akan melawati kebun warga, kebun bambu sampai terpentok jalan di bendungan hilir selokan. terus turun kebawah dengan melewati bendungan tersebut, memang merepotkan tapi perjuangan.

Beralamat di Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, lokasi curug nya memang mepet-mepet perbatasan Desa Padaasih, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat

Titik Google maps https://goo.gl/maps/xp7ynT5JjdNDCQcq9

Curug Sawer Kacapi bandung barat Google @4NC Explorer
Curug Sawer Kacapi bandung barat Google @Indra Junior
Curug Sawer Kacapi bandung barat Google @Indra Junior
Curug Sawer Kacapi bandung barat Google @arisla choirudin

Harga Tiket Masuk ke Curug Sawer Kacapi

Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor dan Penitipan Helm Rp. 5.000

Belum ada tiket masuk hanya bayar parkir saja di warung dan penitipan helm seikhlasnya, namun biasanya orang-orang sering memberi dengan kisaran 5k.

Jam Operasional/Buka

Tidak boleh kesana pada malam hari terutama jalannya yang tidak akan keliatan dan berbahaya dekat jurang!, rata-rata orang kesana, datang pada jam sekian :

Setiap Hari 06.00–18.00

Wisata yang diunggulkan di Curug Sawer Kacapi

Curug menyejukkan dengan kesan horor juga kelam, tapi keindahan alam nya eksotis, jarang diketahui orang pada umumnya, hanya orang tertentu yang mungkin sudah tau keberadaan curug ini sejak dahulu untuk menyepi, airnya cukup deras terisolir rada-rada angker, seperti rumor yang beredar, lokasi nya cocok buat orang yang bertapa atau semedi

Jatuh nya air begitu membeludak sepertinya ada sesuatu disela-sela batuan yang mengapit di kiri kanannya. suasana disana mirip banget sana suasana di sebuah film The Lost World. keren tapi ngeri. kalau sendirian kesana, tidak akan berani

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Sawer Kacapi

Sebelumnya disini belum ada penataan yang dikhususkan menuju curug oleh warga sekitar, tapi sekarang sudah agak mendingan, sebenarnya ini bukan tempat wisata rekreasi atau piknik, ini benar-benar alam! sehingga jangan berharap ada tempat untuk duduk, sarana pendukung berfoto maupun warung. Pure original!

Akses seadanya dan tidak ada penujuk jalan, jadi lebih baik untuk bersiap dengan kondisi dimana anda akan berorientasi medan sendiri.

Persiapkanlah ini sebelum ke Curug Sawer Kacapi

Bawa teman jangan sendirian. bawa pita atau tanda jalan cukup memudahkan teman anda yang kecapean

Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 11 September 2022

Posting Komentar