Translate

Curug Putri / Citulang Bandung Barat

Adalah salah satu dari 3 Air terjun yang berada dalam kawasan Wisata CIC (Ciwangun Indah Camp).

CIC ialah tempat wisata yang menawarkan banyak spot foto, kebun teh, Curug (air terjun), hutan pinus, aliran sungai yang bisa dilalui, Camping, Outbond, Hiking, Gathering dan lain-lain, pokoknya paket komplit.

Curug Putri dikenal hingga populer saat ini berkat sering nya wisatawan lokal maupun luar negeri berwisata menuju CIC, dan juga gara-gara para pengeksplor yang ingin menuju curug tilu, dengan memilih rute lewat CIC yang harus melewati Curug Putri dan Crurug Golosor, menjadi titik penyemangat sebelum tujuan utama!, ibarat nya pilar pendukung gitu.

Nah melihat Curug Putri, berlokasi di Karyawangi Kec. Parongpong, tepatnya di kaki Gunung Tangkuban Parahu yang letaknya berdampingan dengan Curug Golosor, tidak terlalu tinggi sekitar 30 meteran tapi arus air cukup deras kalau musim hujan. airnya juga jernih tapi tidak begitu jernih maksimal! 

Sebenarnya Air terjun ini memiliki 2 nama berbeda yang cukup memusingkan, adapun nama lain dari Curug Putri ini yakni ialah Curug Citulang. jadi gini, jika anda anda masuk lewat Wisata Curug Tilu Leuwi Opat nama curug ini akan menjadi Curug Citulang, sedangkan jika anda masuk lewat Wisata CIC (Ciwangun Indah Camp) Curug ini namanya Curug Putri.

Curug citulang atau Curug Putri by @ndhie72
Curug citulang atau Curug Putri by @arya_ruslyy
Curug citulang atau Curug Putri by Web resmi Curug Tilu Leuwi Opat
Curug citulang atau Curug Putri by @ndhie72

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Putri

Alamat titik Curug Putri berada di sini Karyawangi, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551

Maka dari itu akses jalan menuju Curug Putri bisa diakses dari 2 jalur yakni pertama CIC (Ciwangun Indah Camp) dan kedua lewat kebun teh, rata-rata orang biasanya mengambil jalur CIC.

Adapun alamat pintu masuk atau gerbang menuju CIC adalah ini Kp. Ciwangun, RT. 03 / 15, Desa Cihanjuang Rahayu, Jl. Kolonel Masturi, Cihanjuang Rahayu, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40559

Dari awal gerbang masuk CIC menelusuri jalan menuju Curug Putri lumayan jauh tapi relatif mudah, akses jalannya masuk hutan-hutan banget, sebagian jalan setapak masih alaskan tanah, dan harus berhati-hati saat melintasi salah satu jembatan, perkiraan memakan waktu paling cepat 15 menit, paling lama 30 menit nyantai.

Lebih enak lewat jalur menyusuri aliran air karena terasa sejuk, namun masalahnya harus pakai sepatu  yang diperuntukan untuk tracking karena jalanan berbatu basah bisa membuat anda terjatuh karena licin

Titik Google Maps Curug Putri https://goo.gl/maps/5LVxNJTcxtssWBTb9

Titik Koordinat Curug Putri -6.779531052468285, 107.58220611574109

Harga Tiket Masuk ke Curug Putri

Estimasi dalam mengunjungi Curug Putri dengan jalur CIC akan dikenakan biaya sebagai berikut :
Tiket Masuk CIC Rp. 15.000
Parkir Mobil Rp. 5.000
Parkir Motor Rp. 2.000
Anak usia 5 tahun ke bawah, tidak akan dikenakan tarif tiket masuk alias gratis!.
Info nih, Ketika anda membawa kendaraan pribadi (Mobil),  di Pos 1 (pertama) sebelum masuk CIC, anda akan di tagih biaya jalan desa sebesar Rp.5.000

Jam Operasional/Buka

Jam operasional Curug putri mengikuti jam operasional Wisata CIC

Setiap Hari 07.00–19.30
Jika ingin tanya - tanya anda bisa menghubungi nomer telepon official CIC berikut ‎+62 819-1006-8719
atau Nomer Whatsapp ini +62821-1997-4323

Yang diunggulkan di Curug Putri

Tempat agak terpencil ketinggian lumayan tinggi 30 meteran, debit air tidak terlalu besar, tidak mengguyur searah melainkan terpecah pecah, seperti melihat butiran-butiran kristal, terpaan angin bisa saja meniup, tapi tidak akan goyah sampai ke sisi, air itu turun dari dalam rerumputan. 

Sebuah kata yang pantas untuk curug Citulang ini ialah Betah, Nikmat, dan Segar. 

Curug citulang atau Curug Putri by Web resmi Curug Tilu Leuwi Opat

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Putri

Karena Curug Putri berada di kawasan Wisata CIC (Ciwangun Indah Camp) segala fasilitas penunjang sudah pasti lengkap, tapi disini saya membahas di sekitar Air terjun nya, dan akan halnya fasilitas di sekitar Curug Putri nya adalah sbeagai berikut :

  1. Terdapat 2 Jembatan terbuat dari bambu
  2. Jalan alaskan tanah
  3. Ada 1 lembar kertas yang bertuliskan "Curug Putri" yang ditempel ke pohon
  4. Selain ketga diatas itu semua alamiah, tidak ada fasilitas lain seperti gajebo, saung/ tempat istirahat, warung dan toilet di sekitaran Curug Putri

Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 24 September 2022

Posting Komentar