Translate

Curug Katumiri Bandung Barat

Adalah salah satu dari tujuh air terjun turunan pertama dari Curug Malela. Asal usul kata katumiri berasal dari kata 'Pelangi', dan banyak juga orang menyebut Curug ini sebagai Curug Pelangi nya di kecamatan rongga.

Jarang sekali wisatawan yang mengunjungi curug ini, informasi yang diberikan juga sedikit. letak nya yang sulit di jangkau dan tersembunyi menjadikan kegalauan bagi sebagian penikmat air terjun.

Berakhir menjadi kurang populer dari curug lainnya

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Katumiri 

Beralamat di Cicadas, Kec. Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40556 

Untuk menuju Curug Katumiri bagusnya anda masuk lewat Curug malela. Nah untuk menuju curug malela anda bisa melihat artikel Curug Malela disini atau mengikuti rute berikut dibawah ini terlebih itu sama saja : 

  1. Jika menggunakan Kendaraan Pribadi : Dari Kota Bandung => Cimareme => Batujajar => Cililin => Sindang Kerta => Gunung Halu => Buni Jaya => Lokasi Parkir => Curug Malela
  2. Jika Kendaraan Umum : Dari Kota Bandung  Naik Angkot Jurusan Cicaheum - Ciroyom > Naik Elf Jurusan Ciroyom-Bunijaya Di Terminal Bus Ciroyom => Sampai Di Terminal Bunijaya, Lanjutkan Perjalanan Dengan Kendaraan Ojek Menuju Desa Cicadas => Lokasi Curug Malela 
  3. Jika Kendaraan Pribadi : Dari Jakarta => Masuk Tol Jakarta - Cikampek => Ambil Tol Cipularang Ke Jl. Nanggeleng - Cirahayu Di Ngamprah.  => Keluar Tol Di Padalarang => Cimareme  => Batujajar  => Cililin  => Sindang Kerta => Gunung Halu => Buni Jaya > Lokasi Parkir Kendaraan Curug Malela

Setelah berada dilokasi Curug Malela, disana anda akan menemukan papan penunjuk arah menuju Curug Katumiri, tapi ini berlaku hanya 1 papan informasi saja di kawasan ini, selanjutnya anda tidak akan menemukan lagi penunjuk arah atau informasi lainnya, jadi disarankan memakai pemandu supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.

Jalan yang akan dilaului untuk menuju Curug Katumiri, akan melewati hutan, kemudian pinggiran lembah sungai kecil terus kepelosok dalam, sampai menemukan sungai besar, dari sini lanjutkan perjalanan berlawanan arah sungai sampai mendengar suara gemuruh air dari lokasi Curug Katumiri.

Curug Katumiri Bandung Barat Youtube @KlasterKreatif
Papan Penunjuk Arah Curug Katumiri Bandung Barat Papan Penunjuk Arah
Curug Katumiri Bandung Barat Youtube @KlasterKreatif
Curug Katumiri Bandung Barat Youtube @KlasterKreatif

Harga Tiket Masuk ke Curug Katumiri 

Harga tiket masuk menuju Curug Katumiri tidak memerlukan biaya yang berarti GRATIS, tapi anda harus membayar untuk masuk kawasan Curug Malela, adapun tarif harga tiket masuk curug malela sudah saya informasikan pada artikel Curug Malela disini. jika anda malas membuka nya, maka lihat lah tabel dibawah ini :

Tiket Masuk (Curug Malela) Rp. 10.000
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkir Mobil Rp. 5.000

Jam Operasional/Buka

Jam operasional sudah tentu mengikuti kawasan curug malela

Setiap hari 08.00 – 17.00

Yang diunggulkan di Curug Katumiri 

Sebuah air terjun dengan debit air yang deras, terhimpit disela dinding batu lumayan jangkung, yang tersembunyi dibalik desakan tebing, sehingga sulit untuk orang yang mau mendekap curug nya. 

Ini disebabkan oleh kepungan dinding batu dan sergapan air beriringan dari depan sampai-sampai tidak ada celah untuk berlabuh. Seolah-olah memperingatkan kita supaya untuk tidak mendekati Curug Katumiri tersebut. 

Selain itu terhantar raungan gemuruh air terdengar keras, tertumpah ruah menggenangi area sekitar yang cukup sesak, warna air yang mengalir agak kuning semi keruh namun segar, 

Posisi Curug jelas membuat orang susah untuk menjamahi ataupun menemukannya, tapi berkat gemuruh yang terdengar seperti suatu isyarat yang akan menuntun kita menuju keberadaan nya yang kian dekat. 

Suasana yang diberikan begitu liar, mencengkram kuat seakan memberi kekuatan intimidasi akan ketakutan pada sesuatu yang kerap muncul dari permukaan air maupun pada sela-sela dinding.

Terlebih itu keanggunan nya bagai harta terpendam yang tidak bisa dibawa pulang. sejuk alami dan tak ternodai

Curug Katumiri Bandung Barat Youtube @KlasterKreatif
Curug Katumiri Bandung Barat Youtube @KlasterKreatif
Curug Katumiri Bandung Barat Youtube @KlasterKreatif
Curug Katumiri Bandung Barat Youtube @KlasterKreatif

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Katumiri 

Untuk fasilitas semua nya masih natural seadanya, karena belum dikelola secara utuh, jarang sekali yang datang bahkan hampir tidak ada pengunjung. dikarenakan penunjang fasilitas jalan setapak tanpa pengarahan pada lokasi ini menjadi halangan terbesar para wisatawan untuk menuju ke Curug Katumiri mengakibatkan sedikit nya informasi yang diketahui sehingga tidak populer di masyarakat. 

Satu-satu nya informasi mengenai keberadaan yang mengangkat curug katumiri ini ialah papan informasi dari curug malela.

Wisatawan umum sebagian besar malas menanyakan, yang berakhir rasa penasaran dari pengunjung tersebut berkurang.

Persiapkanlah ini sebelum ke Curug Katumiri 

Jika pada waktu tertentu muncul awan mendung dari hilir atau hujan lebih baik batalkan!, soalnya berbahaya, dikawasan ini debit air tak terprediksi, belum lagi lokasi terpencil jarang ada orang lewat.

Jangan sendirian menuju lokasi demi keamanan

pakailah sepatu gunung atau boot, kita tak tahu akan menginjak apa di hutan maupun disungai!

Referensi dari kanal youtube KlasterKreatif

Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 14 September 2022

Posting Komentar