Translate

Curug Gawang Sindangkerta

Merupakan tempat dengan sebuah air terjun yang bisa kita datangi gratis! kapan saja dari manapun anda berada, tak ada halangan untuk merasakan suasana di Curug Gawang ini, letaknya yang berada di sindangkerta yakni kampung salah satu tempat beristirahatnya para pahlawan pejuang Indonesia.

Gambar 360° oleh LNH- Lucky

Kejadian langka pada suatu air terjun dapat ditemukan dengan mudah disini seperti pelangi!. sering sekali kalau kita main ke sebuah air terjun, mendapatkan momen tersebut cukup susah, namun di Curug Gawang Sindangkerta hal tersebut bisa dikatakan terbilang mudah, Bilamana matahari menunjuk pada waktu dimana mendapatkan radiasi cahaya tertinggi. disaat itulah sering ditemukan adanya pelangi yang panjang sekali! secara alami. Umumnya kan timing dan biasanya juga pelangi terbesar akan terlihat ketika matahari berdekatan dengan cakrawala yakni pada waktu ketika sore hari. namun berbeda dengan munculnya pelangi pada air terjun Curug Gawang Sindangkerta, yang pada siang hari pun dapat terlihat.

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Gawang Sindangkerta

Beralamat di Wangunsari, Kec. Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40563

Jika anda dari Bandung terus kecililin dan Gunakan Jalan Raya Cililin Sindang Kerta sampai anda melewati jembatan Ciminyak/Cilame, tepat sesudah melewati jembatan tersebut beloklah ke arah kiri (Ke Jalan Bonceret), kemudian sampai menemukan persimpangan pertama belok kiri lagi, ikuti terus jalan tersebut lurus sampai anda menemukan sebuah persimpangan yang dipinggirannya memiliki area pesawahan! (Jalan Ranca Senggang), lurus terus ikut jalan Ranca Senggang sampai menemukan sebuah persimpangan lalu beloklah ke arah kiri yang ada jembatannya (atau 2 tiang listrik bergandengan yang memilki gardu dibawahnya!). Selanjutnya dari situ tidak jauh lagi hanya 950 meter atau 4 menitan lagi anda akan sampai, tinggal cari sebuah warung berwarna biru bersampingan dengan sebuah masjid dibelakangnya.

Simpan kendaraan di warung tersebut, dan bilang ingin ke Curug Gawang.

Setelah itu anda tinggal berjalan kaki menuju sampai lokasi air terjun nya akan memakan waktu sekitar 15 menit. Diawali dengan jarak ±200 meter menuju anak dari Curug Gawang kecil pertama dan kedua, dan selanjutnya ditambah ±100 meter lagi untuk ke Curug Gawang nya yang utama. total nya jadi ±300 meteran dari parkiran. Selama perjalanan anda akan  melewati gang perumahan, menuruni pesawahan, menyusuri sisian tepi jurang yang cuma muat satu telapak kaki dan harus lepas sandal jadi harus ekstra hati-hati.

Sebelumnya disana terdapat sebuah jembatan untuk memudahkan menyebrang, jadi tidak susah payah menyusuri sisian tepi jurang!, namun sekarang ini karena jembatan tersebut sudah lapuk dimakan usia jadi mau tidak mau anda harus menyusuri sisian tepi jurang!. 

Beralamat di Wangunsari, Kec. Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40563

Titik Google Maps https://goo.gl/maps/8seBiyr8vp4Bm5Xb9

Curug Gawang Sindangkerta by 4NC Explorer
Curug Gawang Sindangkerta by pengelana. Saja
Curug Gawang Sindangkerta by Endang Koswara
Curug Gawang Sindangkerta bt Indra Junior

Harga Tiket Masuk ke Curug Gawang Sindangkerta

Tidak dikenakan tarif untuk masuk Curug Gawang ini, anda cukup bayar parkir saja yang di titip warung terdekat, Perihal harga parkir adalah sebagai berikut :

Tiket Masuk Gratis
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkir Mobil Rp. 5.000

Jam Operasional/Buka

Setiap Hari 08.00–05.00

Wisata yang diunggulkan di Curug Gawang Sindangkerta

  1. Dinding Air pada bidang terputus di kaki Curug yang membuat nya keren layaknya goah kecil tersembunyi dibalik tirai, berjatuhan membentuk sebuah dinding air dan Selalu ada pelangi di Curug Gawang disaat matahari bersinar terik, tepat di bagian bawah tebing yang ada cerukan tersebut, cipratan air sekitar gua akan membentuk pelangi yang indah mengiringi sepanjang tirai air yang panjang, lalu air terjun ini memiliki ciri khas aliran air tunggal pada bagian puncak (atasnya), membentuk aliran segitiga sama kaki, warna air cenderung agak hijau toska seperti ini #8c895e
  2. Jatuhan air pada badan tidak begitu sakit, berkat batuan menonjol diatas cerukan itu, tapi tidak berlaku pada musim hujan, karena sangat deras sekali dan angin yang dikeluarkan juga besar, seketika anda akan takut melihatnya jika pada musim hujan.
  3. Curug Gawang memiliki ketinggian lebih dari 50 meter, kemudian tidak jauh dari sana sekitar 100 meteran dari Curug Gawang utama, terdapat 2 anak aliran air terjun dengan ketinggian sekitar ±2 meteran dan ±70 cm. jika ingin mandi dan berenang, lebih nyaman pada anak curug ini, teduh di payungi pepohonan

Curug Gawang Sindangkerta by Ongie Friend
Curug Gawang Sindangkerta by Aji Kerenyed
Curug Gawang Sindangkerta by Achmad Riky
Curug Gawang Sindangkerta by Aji Kerenyed

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Gawang Sindangkerta

  • Tidak ada petunjuk yang jelas menuju lokasi. Beberapa kali kita harus berhenti dan bertanya arah. jika anda baru pertamakali. lokasi curug tersembunyi di belakang rumah penduduk Desa Sindangkerta
  • Jalan setapak yang dilalui sebagian besar sudah menggunakan paving blok dan pada saat dekat dengan lokasi, menggunakan batu adapun Jalur paving blok yang dibuat untuk memudahkan justru dihindari karena licin!
  • Adapun jembatan untuk memudahkan ke sebrang sudah rusak jadi harus menyisir jurang untuk turun


Persiapkanlah ini sebelum ke Curug Gawang Sindangkerta

Datanglah pada waktu pagi disaat cuaca cerah di musim hujan, bawa bekal secukupnya jangan terlalu berat


Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 19 September 2022

Posting Komentar