Translate

Curug Cimanggu bandung barat

Diketahui Curug ini sudah ada sejak tahun 1969. Curug Cimanggu tadinya hanya di ketahui oleh masyarakat sekitar kawasan saja, yang berfungsi sebagai tempat mandi sepulang berkebun oleh warga disana (Warga Kampung Cimanggu).

Terus pada tahun 2020, para pemuda-pemudi di kampung Cimanggu yang tergabung dalam sebuah organisasi karang taruna berinisiatif untuk mengelola dan menjadikan tempat tersebut sebagai objek wisata dan diresmikan buka pada bulan agustus, sukses memberikan rasa penasaran pada wisatawan lokal, alhasil banyak orang berbondong-bondong mengunjungi Curug Cimanggu tersebut. 

Curug Cimanggu bandung barat IG @ratihh72
Wisatawan berbondong-bondong di Curug Cimanggu bandung barat FB @WilLy Gustaf
Area Curug Cimanggu bandung barat Maps @4NC Explorer


OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Cimanggu 

Beralamat di Landeuh, RT.02/RW.11, Cimanggu, Kec. Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40552

Dari kota bandung arahkan kendaraan pribadi anda menuju :

  • => Cimahi 
  • => Cimareme 
  • => Padalarang 
  • => Masuk ke Jl. Simpang Utara 
  • => Belok Kanan ke Jl. Pasirhalang 
  • => Ikuti terus jalan tersebut sampai pertigaan belok kanan menuju Jl. Tanjakan Sukatani ikuti terus sampai mentok pertigaan 
  • => Kemudian belok kiri ke Jl. Ngamprah, ikuti jalan sampai pertigaan  
  • => Lalu belok kiri ke Jl. Cimeta Pasirlangu 
  • => Ikuti terus jalan Jl. Cimeta Pasirlangu sampai Paguyuban 
  • => Nanti ada jalan agak kecil agak menurun belokan ke kiri atau sampai menemukan tanda papan arah bertuliskan 'Curug Cimanggu'.

Parkirkan kendaraan di halaman warga setempat tersebut, sesampai tiba disana anda tidak akan ditagih tarif retribusi untuk masuk ke area Curug Cimanggu, anda bisa langsung berjalan kaki menuruni area perkebunan dan pesawahan warga sambil mengikuti papan penunjuk arah yang telah tersedia berkat bantuan swadaya masyarakat dan karang taruna setempat.

Dilanjutkan dengan menuruni tangga yang cukup curam dan masih beralaskan tanah terus kebawah sampai tiba di selokan yang ada jembatan kecil dari bambu.

Anda akan dihadapkan dengan 2 pilihan jalan, mau melalui jalan atas atau bawah air terjun, dari situ lokasi nya tidak jauh lagi.

Perkiraan jarak dari tempat kita menyimpan kendaraan sampai lokasi curug nya ada 300 meteran, dengan jalan santai dan ditambah jalur tracking yang lumayan, kurang lebih akan memakan waktu 10 menit-an.

Titik Google Maps https://goo.gl/maps/ZwGxmPie4rPj6LSs9

Curug Cimanggu bandung barat Maps @4NC Explorer
Wisatawan berbondong-bondong di Curug Cimanggu bandung barat Maps @4NC Explorer

Harga Tiket Masuk ke Curug Cimanggu 

Tidak ada tiket retribusi alias Gratis untuk masuk ke area Curug Cimanggu ini, namun anda perlu membayar parkir seikhlasnya kepada yang jaga, rata-rata orang biasanya memberi untuk parkir adalah dengan tarif sebagai berikut :

Tiket Masuk Gratis
Pakir Motor Rp. 2.000
Pakir Mobil Rp. 5.000

Jam Operasional/Buka

Buka setiap hari, Adapun nomer telepon yang bisa dihubungi 0831-2383-8686

Setiap Hari 06.00–16.00

Wisata yang diunggulkan di Curug Cimanggu 

Adalah wisata air terjun dengan ketinggian kurang lebih 10 meter, di temani rambatan tanaman melekat pada bebatuan dinding. Dibawahnya tergenang air berwarna semu kusam agak keruh kecoklatan segar namun tidak berbau yang berasal dari sumber mata air pegunungan. Kehadiran nya selalu ditunggu mengalir turun tidak begitu deras terjatuh membasahi bumi, bagai pengembara tanpa jasa yang ikhlas senantiasa menghidupi mata pencaharian para penduduk di desa cimanggu. 

Ketika dilihat dari tampak samping pada sore hari, terselip secercah sinar krepuskular lokal yang tercipta dari balik celah pepohonan! berpadu dengan curug begitu indah dilihat oleh mata dan teduh pada hati. 

Disamping itu terlihat juga rintik-rintik curahan air kecil dan batuan alam yang besar, mengawasi dengan diam menghadap posisi air terjun dari kejauhan.

Menurut warga setempat Dahulu Curug Cimanggu memiliki kandungan air yang bersih nan jernih juga memiliki curahan deras tidak seperti sekarang ini yang agak kecil dan agak keruh

Curug Cimanggu bandung barat FB @Ginanjar Agustian
Curug Cimanggu bandung barat FB @WilLy Gustaf
Curug Cimanggu bandung barat Tampak Atas FB @WilLy Gustaf
Curug Cimanggu bandung barat Maps @4NC Explorer

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Cimanggu 

Butuh perhatian lebih lagi untuk menunjang fasilitas, melihat keuntungan dari lokasi yang strategis, mudah di jangkau dari pusat kota dan jalan Provinsi Kampung Cimanggu juga tidak jauh dari pusat perkantoran Pemda Kabupaten Bandung Barat.

dan inilah beberapa fasilitas yang ada di Curug Cimanggu :

  • Papan petunjuk saat mendekati Curug sudah ada 
  • Terkadang ada pertunjukan seni musik tradisional di sekitar curug
  • Warung jajanan tersedia di sekitaran Curug
  • Sarana untuk ruang ganti pakaian cuma bilik dan WC terlalu terbuka
  • Jalan Setapak menuju lokasi masih tanah dan akan licin sekali ketika hujan, sebagian sudah memakai pagar dari bambu di titik tertentu yang cukup berbahaya

Berdasarkan dari kondisi sekarang, Curug ini kelihatan terbengkalai, seperti banyak sampah dari hulu mengurangi keindahan Curug ini.

Curug Cimanggu sebenarnya indah bila dikelola dengan baik cocok buat piknik dengan keluarga

Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 16 September 2022

Posting Komentar