Translate

Curug Cibuluh Gununghalu

Keasrian air terjun yang jernih tidak berwarna dan tidak berbau, transparansi langsung dari pegunungan. Asing nya curug yang berada jauh di kedalaman belantara hutan gununghalu, tersembunyi sehingga jarang terjamah oleh kebanyakan orang. jalur tracking luar biasa, meskipun jauh dipedalaman htuan tapi anehnya santai, dan nyaman.

Curug Cibuluh Gununghalu IG @mnandipratama
Curug Cibuluh Gununghalu IG @agoes_doank33
Curug Cibuluh Gununghalu IG @dudi_rusnandar
Curug Cibuluh Gununghalu IG @nugrahkahfi23

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke Curug Cibuluh

Beralamat di Kampung Cibuluh Desa Sirnajaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat

Untuk mencapai curug ini dapat ditempuh dari dua arah :

Jalur Batujajar-Cililin-Gunung Halu atau dari jalur Rajamandala. Kalau anda dari bandung gunakanlah arah Batujajar-Cililin- Gunung Halu yang akan memakan waktu sekitar 2-3 jam, mengikuti jalan masuk ke arah bendungan Saguling sampai menuju Kampung Pangragajian, RT.03/RW.18 yang merupakan tempat terakhir bisa memarkir kendaraan dengan aman.

Sebenarnya kendaraan masih bisa dipaksakan sampai ke atas, namun tidak disarankan karena jika sampai turun hujan, anda juga yang akan kerepotan 

Kondisi jalan menuju curug ini sungguh penuh tantangan dan perjuangan ekstra dan harus mempunyai jiwa menjelajah. 

Tracking luar biasa menempuh jalan setapak yang masih beralaskan tanah merah yang memerlukan waktu sekitar 1 jam dari lokasi parkir kampung terdekat yakni kampung Pangragajian tersebut, dengan melewati sawah,  menyusuri sisi selokan, melwati sungai, naik turun perbukitan hijau sejuk serta melalui kebun sereh dan hutan.

Jarang nya pengunjung menjadikan tidak adanya rute tetap, kita dituntut untuk berorientasi pada jalan dan membuat rute sendiri

Disamping itu jalur yang dilewati dekat sekali dengan kawasan hutan lindung, jadi berhati-hati jangan gegabah ya.

Curug Cibuluh Gununghalu Youtube Udar1der
Curug Cibuluh Gununghalu Youtube Udar1der
Curug Cibuluh Gununghalu Youtube Udar1der

Harga Tiket Masuk ke Curug Cibuluh

Benar-benar gratis, siapa saja bisa kesana, asalkan tidak mencemari air dan membuang sampah sembarangan, adapun parikir kendaraan, sewajarnya saja

Tiket Masuk  Rp. Gratis

Jam Operasional/Buka

Dengan niat berwiasata, Curug Cibuluh Gununghalu, terbuka bagi siapa yang ingin melihat dan penasaran akan keindahannya

Setiap Hari  24 Jam

Yang diunggulkan di Curug Cibuluh

Mempunyai ketinggian sekitar 50 meter, kemudian air yang turun dari atas menyentak pada 2 tepian batuan dinding tebing yang timbul sehingga membentuk 3 (tiga) undakan air bertingkat secara tergerai, hempasan air yang terjatuh kebawahnya buyar terurai membuat air tidak akan begitu sakit ketika anda menerima semburan langsung karena sudah tertahan 2 (kali).

Genangan air bening dibawahnya cukup dangkal, suhu air yang dingin gercep langsung ketulang, segar sekali untuk mandi dan berenang, apalagi jika cuaca sedang panas mentereng.

Uniknya terdapat sebuah batang pohon besar menyerupai tongkat tepat di kaki curug, entah siapa dan bagaimana cara nya batang pohon sebesar itu bisa bersandar pada air terjun ini? yang jelas ada beberapa bekas sayatan cukup dalam pada ujung bawah pohon tersebut. 

Curug Cibuluh Gununghalu
Curug Cibuluh Gununghalu

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Cibuluh

  1. Karena Curug Cibuluh ini masih belum dikelola dalam kurung unknown, segala fasilitas penunjang mulai dari infrastruktur jalan, parkir kendaraan, rute tracking jalur, dan sebagainya itu tidak ada, masih alamiah dan seadanya. 
  2. Meskipun belum tersedianya infrastruktur yang baik dan fasilitas penunjang lainnya untuk menuju curug ini tapi bagi yang berjiwa menjelajah, anda harus mengunjunginya. cocok bagi yang suka eksplorasi dan kemping di hutan.

Persiapkanlah ini sebelum ke Curug Cibuluh

Karena jauh diharapkan para pengunjung menyiapkan sendiri kelengkapan logistik dan apa yang anda perlukan, dan datanglah pada musim kemarau! 

Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 17 September 2022

Posting Komentar