Translate

Proses, Siklus, Fakta Kehidupan Semut sampai perebutan tahta, bahkan ada villain nya

Kita pasti pernah melihat semut disekeliling kita. Bahkan saya anggap sangat menjengkelkan sekali, ketika kopi saya sudah dingin, disitulah mereka pasti datang!. 

Semut adalah serangga kecil yang jenisnya beragam dan jumlahnya yang banyak. Mereka pasti bersama sama mencari dan mengumpulkan makanan. untuk melihat gambaran yang memperkuat kesan baik, saya sarankan kamu melihat film Disney yang berjudul A Bug's Life 

Sebelum adanya banyak semut pasti bersumber dari sarang dan larva larvanya. Disebuah sarang pun ada sebuah sistem dari ratu sampai ke pekerja pekerjanya. Hal tersebut membuat pertanyaan pertanyaan tentang asal usul sarang, penyebaran sarang dan mulai nya sistem sarang semut.

Semut - semut yang kita lihat disekitar kita mempunyai banyak karakteristik yang berbeda beda, contohnya seperti racun semut, capit semut, semut tanpa ratu dan masih banyak lagi. Semut juga bisa mengangkat makanan yang beratnya lima puluh kali lebih berat dari berat badan semut itu sendiri. Mereka juga pandai berbaris saat waktunya pengambilan makanan, disiplin dan juga bermoral!

Villain Terbaddass

Tetapi tahukah kamu tidak semua semut menjalani kehidupan moral. Ada juga semut yang tidak manusiawi dan tidak manusiawi eh maaf maksudnya tidak berperikesemutan yang mengambil alih sarang semut jenis lain dan menggunakan semut pekerja sarang tersebut untuk membesarkan anak-anaknya
 
Liat Armornya Gaiss, sungguh sangat powerfull

Semut kadal adalah perwakilan dari semut jahat tersebut. Kebanyakan semut bukanlah subjek yang menarik bagi pecinta serangga yang tidak bermoral yang mendiskriminasi serangga berdasarkan penampilan mereka, seperti ahli entomologi. Namun, di antara semut Jepang dengan penampilan biasa, hanya semut berduri, yang memiliki duri indah di punggungnya, yang sangat keren. Dan di dunia semut yang berperilaku baik, semut sempalan adalah badass yang luar biasa. Dia villain yang keren

Sarang semut tukang kayu kastanye

Skema Perebutan Tahta Semut

Misalkan sekarang semut kadal (kelompok A) mencoba mengambil alih sarang semut tukang kayu berwajah merah (kelompok B). Setelah kawin, ratu baru dari suku A menunggangi semut pekerja dari suku B dan memberikan tubuhnya aroma suku B. Hal ini untuk mencegah agar tidak terdeteksi sebagai suku A saat menginvasi sarang suku B. Semut tampaknya mengidentifikasi pasangan dengan bau. Ratu suku A menyelinap ke sarang suku B dan membunuh ratu suku B di waktu yang tepat. Kemudian, dia menyamar sebagai ratu suku B dan bertelur, dan anak-anak yang menetas dibesarkan oleh semut pekerja suku B. Suku B di sarang itu akan segera mati karena tidak ada ratu, dan sarang akan menjadi aturan suku A, dan pengambilalihan akan selesai.


    Semut bukanlah jenis serangga yang suka memilih milih makanan melainkan jenis serangga pemakan apa saja mulai dari kecoak, bahkan semut yang lain atau cacing ditanah dan bangkai bangkai hewan yang sudah mati. Karena itu semut bisa hidup di berbagai tempat saja. 

Semut jugalah binatang yang relatif adaptif. Semut dapat hidup di berbagai tempat, seperti kota, hutan, gurun, dan berbagai tempat lainnya. Tidak hanya itu, semut menempati 10% dari populasi dunia. Semua ini terima kasih oleh kekuatan semut.

Selain pandai baris – berbaris yang mempercepat proses pengambilan makanan. Mereka juga pandai dalam berperang dari itu antar koloni atau saat mencari mangsa. 

Dalam berperang, semut – semut memiliki strategi – strategi sendiri setiap ras. Ras tersebut mempunyai karakterisik – karakterisitiknya tersendiri. Untuk memahami lebih lanjut, kita akan mencari tahu tentang beberapa jenis semut.

Bagaimana siklus hidup semut ? 

Semut mengalami metamorfosi lengkap yang memiliki 4 tahap yaitu tahap telur, larfa, pupa, dan menjadi semut dewasa. Siklus hidup semut terdiri dari 4 tahap dan bisa memakan waktu antara 6-10 minggu sampai selesai. Telur kecil menetas menjadi larva berbentuk cacing tanpa mata atau kaki

Apa perbedaan siklus dari jenis – jenis semut 

Semut adalah semua serangga anggota suku Formicidae. Samut memiliki lebih dari 12.000 jenis. Sebagain besar hidup di kawasan tropika. Sebagain besar semut dikenal sebagai serangga social, dengan koloni dan sarang sarangnya yang teratur beranggotakan ribuan semut per koloni. Anggota koloni terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Koloni semut kadang kala disebut ‘superorganisme’ karena koloni koloni mereka yang membentuk sebuah kesatuan. Meskipun ukuran tubuhnya yang relatif kecil, semut termasuk hewan terkuat di dunia. Semut jantan mampu menopang beban dengan berat 50 kali dari berat badannya sendiri.

jadi inilah semut, hewan yang berukuran kecil tetapi kuat. Semut merupakan hewan yang suka berkerja sama untuk mengumpulkan makanan dan membuat sarang bersama. Didunia ini semut tidak hanya ada satu jenis melainkan melebihi 12.000 jenis

Fakta - Fakta Semut

  1. Semut bermetamorfosis dengan 4 tahap 
  2. Semut adalah hewan berukuran kecil namun kuat 
  3. Semut adalah serangga bermetamorfosis sempurna 
  4. Semut memiliki 12000 jenis 
  5. Semut hidup berkelompok/berkoloni 
  6. Semut adalah serangga social dan pekerja keras ydang disiplin 

 sumber : wikipedia, amanokazutoshi

Posting Komentar