Translate

Permainan tradisional Petak umpet / Ucing Sumput

Permainan paling MVP banget pada zamannya, sudah pasti ditiap daerah memiliki sedikit perbedaan aturan main atau variasi maupun dalam isitilah nama, tapi yang jelas tujuan dari permainan ini sama yaitu Cari dan Sembunyi.


Meskipun sudah belasan tahun tidak memainkannya lagi, tapi masih Jelas terasa bagaimana sensasi itu terbayang dalam pikiran dan tidak pernah hilang!

Permainan Petak umpet/ucing sumput adalah sebuah permainan Cari dan Sembunyi yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang, satu orang yang 'Jaga' dan sisanya bersembunyi. Semakin banyak orang yang berpartisipasi semakin seru, untuk takaran keseruan yang nagih minimal 7 orang,.

Apa sih yang seru dari permainan ini?

Serunya yaitu ketika mencari tempat persembunyian agar tidak mudah diketahui dan Keseruan paling menggairahkan ialah ketika menjadi yang terakhir dicari oleh yang 'Jaga'. Besarnya harapan teman - teman yang sudah ditemukan oleh yang 'Jaga', berharap untuk melakukan penyelinapan untuk membalikan/membebaskan keadaan tanpa ketahuan. Disitulah rasa tidak karuan muncul, dan jantung pun serasa di pompa 2 kali lebih cepat. Secara tidak sadar kita mengemban suatu harapan dan diuji apakah kita mampu memenuhi Harapan atau sebaliknya.


Permainan ini bisa dimainkan di area terbuka maupun tertutup dengan perkiraan luas wajar bedasarkan komitmen kesepakatan bersama terlebih dahulu.

Inti dari permainan ini memiliki 2 sudut pandang, 

  1. Sudut pandang dari orang yang jaga/mencari yaitu bagaimana cara supaya semua pemain yang bersembunyi berhasil ditemukan sehingga pemain yang pertama ditemukan, harus mengganti giliran dengan yang 'jaga'.
  2. Sudut pandang dari pemain yang bersembunyi yaitu bagaimana kita sejeli mungkin dalam menentukan tempat persembunyian supaya tidak diketahui oleh yang 'Jaga' dan membebaskan rekan pemain ketika ditemukan


Istilah - istilah dalam Permainan tradisional Ucing Sumput

Meungpeun

Adalah istilah kata, bagi orang yang 'jaga/cari' ketika sedang melakukan hitungan dengan menghadap pohon atau tembok (Pusat permainan) sambil memejamkan mata.


Hong

Adalah tambahan awalan kata yang harus disebutkan oleh orang yang sedang 'jaga/cari' sebelum menyebutkan nama orang yang ditemukannya tersebut,. Misalkan nama pemain yadi atau usep ditemukan maka, harus ditambahkan kata 'Hong' menjadi 'Hong yadi' atau 'Hong usep'.


Ngokngok

Ini biasa nya terjadi ketika orang yang 'jaga/cari' selalu diam ditempat pusat permainan atau tembok/pohon tempat dimana ia berhitung. sehingga istilah kata ini pun muncul dari pemain yang sedang bersembunyi untuk membuat yang 'jaga/cari' tersebut malu dan mulai terpancing untuk meninggalkan tempat tersebut.


Jongleng

Kata yang harus disebutkan oleh pemain yang bersembunyi ketika berhasil secara diam - diam tanpa ketahuan menyentuh tempat pusat permainan 


Sorobot

Kondisi dimana semua pemain yang bersembunyi keluar secara serempak dan langsung mengepung dan mengelilingi orang yang 'jaga/cari' tersebut ditempat pusat permainan. Jadi ketika orang yang 'Jaga/Cari' menyebutkan salah satu nama dari pemain dihadapannya. secara otomatis semua  meneriakan kata 'Jongleng' dengan menyentuh Pusat permainan tersebut secara bersamaan.

ini terjadi untuk hukuman karena curang nya orang yang 'jaga/cari', yang selalu berdiam diri ditempat pusat permainan (ngokngok).



Cara bermain petak umpet / ucing sumput serta tahapannya

1. Mengumpulkan para pemain (teman - teman).

Untuk keseruan maksimal, tentu semakin banyak orang pasti akan semakin menyenangkan.

2. Menentukan aturan atau batas - batas permainan

  • Misalkan menentukan area atau tempat yang tidak boleh dikunjungi, tidak terlalu jauh dan berbahaya 
  • Berapa lama waktu pemain untuk bersembunyi 
  • Menentukan tempat yang jaga atau tempat yang menjadi pusat permainan
  • Menentukan siapa yang akan 'Jaga', dengan media pilihan seperti 'Gambreng', 'Cingciripit', atau 'Kacang pendek kacang panjang', atau juga menunjuk orang dengan lagu 'Cingcangkeling' dan sejenisnya 
  • menentukan waktu hitungan yang 'Jaga'.

3. Mulai melakukan 'Meungpeun'

Jika yang jaga sudah ditentukan mulailah melakukan hitungan dengan menghadap pohon atau tembok (Pusat permainan) di tempat yang telah ditentukan, sambil memejamkan mata, kemudian para pemain yang tidak berjaga segeralah mencari tempat bersembunyi!

4. Mulai melakukan pencarian

Kalau sampai hitungan yang 'Jaga' sudah selesai, hendaklah orang yang 'Jaga' langsung mencari teman-temannya yang bersembunyi, kalau ketemu satu, langsung berlarilah secepat - cepatnya balapan dengan temannya yang ditemukan tersebut itu sampai ke tempat dimana ia tadi melakukan 'Meungpeun' (Pusat Permainan) sambil menyentuh dengan berteriak 'Hong' dilanjutkan dengan nama orang tersebut. Tandanya satu orang sudah ketemu, tinggal mencari yang lainnya.

Kalau ternyata yang sampai duluan menyentuh tempat 'Pusat Permainan' adalah temannya, maka, permainan ronde satu langsung selesai, dan yang 'Jaga' harus kembali menjadi 'Jaga' lagi pada permainan ronde berikutnya.

5. Selesainya ronde permainan 

Ronde permianan ucing sumput ini bisa dianggap selesai karena sebagai berikut :

  • Salah satu pemain yang bersembunyi berhasil menyentuh tempat 'Pusat Permainan' tanpa ketahuan oleh yang 'Jaga' dengan meneriakan kata 'Jongleng'.
  • Pemain yang 'Jaga' berhasil menemukan seluruh pemain yang bersembunyi. Jika kondisi ini terpenuhi maka 1 ronde permainan ini bisa dianggap selesai dan yang 'Jaga' diganti oleh orang yang pertama ditemukan

Peraturan

  1. Para pemain yang bersembunyi dapat bergerak atau berpindah ke tempat persembunyian yang lain
  2. Jika Pemain yang 'Jaga' menemukan salah satu pemain dan salah mengucapkan nama pemain yang ditemukannya tersebut, maka yang 'Jaga' harus melakukan ulang 'Meungpeun' kembali
  3. Setiap ronde permainan selesai semua harus berkumpul pada titik Pusat Permainan
  4. Ketika sedang balapan, antara pemain yang ditemukan dengan yang 'Jaga', untuk menyentuh titik Pusat permainan, salah satu pemain tersebut tidak boleh menghalang - halangi atau menarik pakaian ataupun anggota tubuh lainnya
  5. Pemain yang 'Jaga' tidak boleh mengintip saat melakukan 'Meungpeun'
  6. Pemain yang 'Jaga' tidak boleh terlalu lama diam ditempat 'Meungpeun' (Pusat permainan)


Manfaat

Permainan yang bermanfaat untuk menguji kecepatan, kejelian, maupun kecerdikan, Adil dan Kejujuran

Mendorong kemampuan memecahkan masalah dan solusi dengan analisa serta naluri yang dimilikinya.

Pada saat pemain mendapat giliran bersembunyi, ia akan mencari tempat persembunyian yang paling aman dan sekiranya sulit dicari. Pertimbangan akan muncul pada proses pencarian tempat bersembunyi ini. Disinilah tepatnya kemampuan pemecahan masalah diasah dan mendapatkan stimulasi.

Pengenalan Arah dan Area

Tempat bermain petak umpet biasanya terletak di lingkungan sekitar rumah. Lokasi ini dinilai paling strategis, karena kebanyakan anak-anak yang turut dalam permainan ini tentu memiliki pengenalan dasar pada lingkungan sekitarnya. Ketika bermain, setiap peserta juga dituntut untuk mengetahui berbagai arah serta titik strategis persembunyian. Dengan begini, pemain akan memiliki kemampuan lebih baik dalam mengenal arah mulai dari lokasi sekitar tempat tinggalnya.

Konsentrasi dan Inisiatif

Mulai dari mengingat peraturan yang ada, menghitung ketika berjaga, hingga proses pencarian tempat persembunyian, memerlukan konsentrasi yang tinggi. Ketika pemain bermain, setiap hal tersebut akan dipraktekkannya. Latihan konsentrasi akan terus dilakukan, seiring permainan tersebut berjalan.

Untuk latihan inisiatif sendiri akan muncul ketika pemain mencoba mencari dan menemukan tempat baru untuk bersembunyi. Tanpa inisiatif yang kuat, si Kecil tidak akan dapat mencari teman dan tempat persembunyian dengan baik karena tidak ada dorongan dari dalam dirinya untuk mencoba hal baru.


Resiko

  • Mengganggu Lingkungan karena seiring semakin terbatasnya lahan tempat bermain bagi anak-anak  kemungkinan malah akan mengganggu lingkungan. Menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna lahan  yang memakainya untuk jemuran, menaruh motor atau bahkan membuka warung makan dan menjual keperluan sehari-hari
  • Rawan terkena gigitan hewan serangga maupun karnivora, karena bersembunyi ke tempat yang jarang di kunjungi orang
  • Pakaian Kotor
  • Awasi anak terkunci ketika bermain di dalam ruangan 
  • Terjatuh karena berlarian atau memanjat



Mitos

  • Tidak boleh dimainkan pada malam hari
  • Diburu Hantu hingga Disembunyikan Makhluk Gaib
  • Selesaikan Permainan atau hal buruk akan terjadi

Sebelumnya mohon maaf, sebenarnya saya kurang begitu percaya dengan hal-hal yang seperti ini, tapi karena ada mitos yang menceritakannya, saya percaya bahwa ada pesan moral dalam mitos tersebut, yang ingin mereka sampaikan kepada generasi mendatang

moral dari mitos tersebut kemungkinan adalah seperti ini :

Zaman dahulu, permainan petak umpet biasa dilakukan di daerah pedesaan. dan Hutanpun masih lebat. belum ada listrik atau penerangan seperti sekarang ini. ketika bermain sebagaimana kita tau yang namanya anak - anak suka lupa waktu dan susah di nasehati, jadi kalo menjelang waktu magrib, saat matahari terbenam pasti gelap sekali. takutnya ada yang digigit ular, atau binatang lainnya yang berbahaya. dari pada meresikokan keselamatan anak - anak. Maka dibuatlah mitos tersebut biar anak - anak percaya ... (CMIIW)

Posting Komentar