Translate

ke sawah? udah gak zaman?

Sawah adalah tanah yang digarap dan diairi untuk menanam padi yang nantinya menghasilkan beras untuk makanan pokok kita!.

Namun saat ini seperti yang kita ketahui sawah banyak yang beralih jadi perumahan atau industri mengancam ketahanan pangan. apakah cuma itu dampak nya? hallo apa kabar banjir. 

Apa kira - kira penyebabnya cuan kah? sudah tidak diragukan bukan!.

Mari kita tanyakan kepada anak muda dan remaja saat ini, karena masa depan sawah menurutku masih digenggam oleh mereka?, jika tanya harus memilih kesawah atau bekerja!, ouh pasti rata-rata kebanyakan akan menjawab kerja lah..beragam jawaban muncul seperti menjanjikan, terjamin hasilnya, bahkan sampai ada yang jawab 'sudah gak zaman". katanya.

Dari sini sudah jelas masa depan sawah itu suram jika tidak ada tindakan edukasi mendalam mengenai ini. dan percuma juga jika edukasi terus menerus tanpa solusi dan terobosan baru, terutama bagi anak muda yaitu menciptakan sebuah hype yang bergagasan ini itu keren. seperti itulah kira-kira.

dari pada meratapi ini terus tak kunjung selesai - selesai,  lebih baik disini saya coba mengingatkan manfaat - manfaat dari sawah ini.

Inilah 6 manfaat sawah yang seharusnya anda ketahui :

1. Membuat tanah jadi subur 

berbagai tanaman sangat mudah tumbuh dari hasil tanah sawah. ketika oksigen habis, hama seperti bibacteria menyebabkan penyakit pada tanaman yang membutuhkan oksigen akan mati, sehingga tanaman sehat akan tumbuh. selain itu, ketika oksigen di tanah habis, dekomposisi bahan organik seperti jerami padi berlangsung perlahan, dan bahan organik yang diberikan sebagai pupuk dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. di masa lalu, bahan organik seperti daun tumbang , dimasukkan ke sawah, sampai membusuk, dan digunakan sebagai pupuk..

bahkan tanah asam secara bertahap berubah menjadi basa, dan menjadi dekat dengan netralitas dalam keadaan di mana tanaman cenderung tumbuh.


2. Bidang akan memanfaatkan sumber daya hutan hulu yang kaya.

Tanaman di ladang menyerap nutrisi dari tanah, sedangkan sawah menyerap nutrisi dari air dan tanah. air irigasi digunakan dalam sawah, tetapi air irigasi membawa nutrisi yang diekstrak dari hutan. sawah digunakan secara efektif dengan memanfaatkan kaya nutrisi yang mengalir dari hutan hulu. dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa sawah menerima air dan pupuk dari hutan.


3. Sawah membuat air jadi bersih.

Air yang mengalir dari irigasi/solokan ke sawah akan tertahan di area sawah, tetapi sebagian merembes ke bawah tanah. selama waktu ini, sampah-sampah seperti daun mati dan serangga mati, dalam air dikeluarkan di permukaan tanah sawah, dan komponen yang tidak cocok untuk air minum dikeluarkan di tanah, dan kemudian air menjadi bersih.

bahan kimia berbahaya terurai dan keluar ke udara. pupuk yang diberikan dengan sangat hati-hati akan berkurang, dengan kata lain, sawah bekerja untuk membuang sampah dan bahan kimia untuk menciptakan air tanah bersih yang berfungsi sebagai air minum bagi kita.


4 Melindungi suhu dan kelembaban di sekitarnya.

saat padi tumbuh, air berada di sawah. selama periode pembuatan beras, banyak kelembaban menguap ke udara, ketika air menjadi uap air, ia mengambil banyak panas. ini memiliki efek mengirim panas ke udara tanpa menaikkan suhu. pada saat yang sama, itu juga memiliki efek meningkatkan kelembaban.


3. Menstabilkan jumlah air tanah

Air tanah seperti spons yang direndam dengan air. penurunan tanah adalah fenomena di mana air spons ini tidak menumpuk, dan spons runtuh. air tanah sangat penting bagi kita untuk hidup. sawah bekerja untuk menstabilkan jumlah air tanah dan tetap konstan. air yang disimpan di sawah perlahan-lahan meresap ke bawah tanah, dan menjadi air bawah tanah. kecepatan perendaman ditentukan oleh keseimbangan dengan jumlah air bawah tanah dan sungai, dan ketika ada banyak air bawah tanah, ia meresap terlalu banyak, ia merembes lebih awal ketika kecil, dan jumlah air bawah tanah tetap konstan meskipun kecepatan untuk berendam kira-kira sekitar 2 sentimeter sehari.


6. Dari pekerjaan sawah mencegah banjir dan tanah longsor.

Topografi curam di lereng gunung dan aliran sungai yang cepat, sehingga mudah mengalami banjir dan tanah sawah yang dapat menyimpan air dan perlahan-lahan mengeluarkan, seperti bendungan, mencegah banjir. selain itu, sawah di lereng cenderung tidak menyebabkan tanah longsor.

tanah di permukaan mudah mengalir, tetapi karena satu sawah horizontal, bahkan jika musim hujan, tanah tidak mengalir keluar dari sawah dengan air hujan. oleh karena itu, adalah mungkin untuk melindungi tanah di permukaan tanah, yang penting untuk menanam tanaman. angin kencang tidak meniup tanah di permukaan.


Ada berbagai makhluk hidup di sawah seperti capung, katak, dll. 

katak memakan noxyx tanaman padi, katak menjadi sasaran elang dan burung hantu, serangga kecil menjadi makanan burung. saluran irigasi adalah tempat di mana ikan bayi yang baru lahir tumbuh dengan aman karena bertelur di saluran air, di mana air ditarik ke sawah, dan kembali ke sungai besar di hilir ketika bertelur selesai.

jika sawah menjadi gurun di mana tidak ada tanaman yang dibuat, tidak hanya pekerjaan seperti itu menjadi nol tetapi juga dasar tanah yang merupakan sawah rusak, dan dibutuhkan banyak tenaga kerja dan uang untuk memperbaikinya dan mengembalikannya. semoga bermanfaat.

Posting Komentar