Cingcangkeling, kadang suka bingung sendiri dari siapa dan dari mana hapal lagu ini?

Cingcangkeling adalah salah satu lagu permainan sunda yang ditujukan untuk berhitung atau menentukan sebelum anak-anak melakukan permainan kucing-kucingan.

Kalo di daerah saya lagu "Cingcangkeling" ini adalah MVP kedua setelah "Cingciripit".

Permainan kejar-kejaran kerap dilakukan memakai lagu ini atau ucing kup, yaitu permainan sentuh berlarian dengan cara ketika ada salah satu anak yang tersentuh oleh anak yang terhitung, maka anak tersebut yang tersentuh kalah dan harus menyentuh temannya yang lain yang tak terhitung. Sebelum melakukan permainan ini, salah satu anak yang ikut bermain menyanyikan dulu lagu cing cangkeling adapun lirik lagunya adalah sebagai berikut :

Cingcangkeling
Manuk cingkleung cindeten
Plos ka kolong
Bapa Satar buleneng
Kalau di daerah saya sih itu terusan nya agak sedikit vulgar jadi tidak bisa saya tersukan hehe. bagaimana dengan terusan lagu tersebut di daerahmu.

Lagu tersebut sayapun bahkan tidak tau siapa yang buat, namun anehnya saya tiba tiba hapal saja karena kebiasaan bermain dulu (mungkin) tapi entahlah.
Ketika saya sudah beranjak dewasa kadang suka bingung sendiri dari siapa dan dari mana orang yang pernah ngasih tau ke saya, lagu tersebut. di ingat-ingatpun tetap saja pusing (gak ingat sama sekali).

Karena penasaran!, kemudian saya coba riset tuh lagu. apa makna, dan artinya, apakah cuma guyonan belaka atau memang ada pesan dan kesan yang terkandung didalam nya. Setelah beberapa saat saya baca seluruh artikel yang berkaitan dengan lagu "cingcangkeling" ini di berbagai media dan platform.. eh ternyata masih mudeng juga.

Dan ini kebetulan saya temukan di website dpr.og.id tentang makna cing cang keling adapun sebagai berikut :

Cing cang keling adalah Eling lah manusia.
Manuk cingkleng adalah Hati yang tidak terpenjara atau hati yg bebas.
Cindeuteun adalah tenang dan teguh.
Blos kakolong artinya kolong langit dan satar artinya rendah.
Kolong langit yang rendah artinya dunia yang kita tempati.
Buleneng artinya penuh Rahmat dan Berkah Tuhan Semesta Alam.
Blos kakolong bapa satar buleneng bermakna "Dunia yang penuh Rahmat dan Berkah Tuhan Semesta Alam".

Jadi jika disimpulkan, 
"Cing cang keling manuk cingkleung cindeuteun blos kakolong bapa sata buleneng". 
Berarti 
"Manusia, ingatlah bahwa hati yg bebas, tenang dan teguh akan mendapatkan dunia yang penuh rahmat dan berkah dari Tuhan Semesta Alam".

Dalam kurung jika tiap daerah terkadang suka ada perbedaan atau tambahan bait/lirik dari lagu tersebut. ya pasti beda lagi maknanya atuh.


oh ya hampir lupa salah satu lirik/ judul Cing cangkeling adalah burung asli asal Indonesia.
Burung ini banyak digemari oleh penyuka kicau burung karena suaranya yang tajam keras dan juga perawatannya yang sangat mudah. 
nama lain dari burung Cangkeling ini yaitu Camperling, dan ternyata burung Cangkeling masih dalam keluarga burung Jalak.


Posting Komentar