Translate

Sejarah Studio MAPPA Wawancara langsung


MAPPA didirikan pada tahun 2011 oleh Masao Maruyama, yang pensiun dari Madhouse, pada usia 70 tahun.

Tahun setelah didirikan, studio ini adalah studio yang menarik perhatian karena keunikan dan kualitasnya yang tinggi oleh setiap serial TV seperti "Apollo on the Slope" dan "Tekyu".

Pada april 2016, anggota pendiri Mr. Study


Otsuka menjadi presiden kedua. Pada tahun yang sama, ia merilis film animasi berdurasi panjang, "In This Corner of the World," yang disutradarai oleh Suno Katabuchi, yang didanai oleh crowdfunding. Ini adalah pemutaran jangka panjang terpanjang di Jepang selama 1.133 hari berturut-turut, dan itu adalah hit besar dengan mobilisasi kumulatif 2,1 juta yen dan pendapatan box office lebih dari 2,7 miliar yen.



Sejak itu, MAPPA telah bekerja sama dengan direktur seperti Direktur Suno Katabuchi, Direktur Noichiro Watanabe, dan Direktur Sayo Yamamoto untuk membuat karya berkualitas tinggi satu demi satu.

Mr Manaru Otsuka, presiden saat ini, dan Ms Kaede Noda, direktur

departemen produksi, berbicara tentang ramalan masa depan.

[Wawancara dan teks oleh Minako Nakamura, Fotografi oleh Sota Ohara]


Apa yang membawa Anda ke pendirian studio?

Otsuka: Mappa (Maruyama Animation Produce Project Association) awalnya didirikan oleh Maruyama untuk pensiun dari The Madhouse dan berhasil membawa "In
This Corner of the World" ke dunia bersama Sutradara Suno Katabuchi.
Sutradara Shinichiro Watanabe, yang dekat dengan Maruyama pada saat itu, bergabung dengan tim dan memutuskan untuk memproduksi serial TV.
Pada saat itu, staf yang berkumpul di MAPPA adalah semua orang yang ingin bekerja dengan
Maruyama, Mr Katabuchi, dan Mr. Watanabe. Termasuk diriku sendiri.

Bagaimana studio pada saat pendiriannya?

Otsuka: Apakah itu disebut sekelompok orang kasar seperti bajak
laut (tertawa)? Sebelum itu, saya melakukannya di bawah Eiko Tanaka di STUDIO4 ° C, jadi itu adalah serangkaian guncangan budaya.
Saya tidak peduli tentang detail karena struktur lama yang baik dari "Jika Anda membuat
pekerjaan yang baik pula, apa yang tersisa?"
Bersama dengan Mr Katabuchi dan Mr. Watanabe, hanya ada orang-orang yang memiliki keinginan untuk "mengeluarkan anime hebat di dunia", dan orang-orang yang telah meninggalkan perusahaan sepanjang jalan untuk melakukannya, jadi saya pikir itu adalah awal yang tampaknya melawan zaman.

Saya pikir mappa ditandai dengan kualitas gambarnya yang tinggi, yang didasarkan pada aliran rumah sakit

jiwa, tetapi apa yang Anda warisi dari pendiri, Maruyama?
Otsuka: Semangatnya adalah "berani memenuhi keinginan merepotkan dari mereka yang
mengatakan hal-hal yang merepotkan."
Rintangannya mungkin tinggi, tapi kita bisa melakukan hal-hal yang bisa kita lakukan dan mengeluarkan hal-hal baru, dan kita akan mendapatkan sesuatu yang mengejutkan kita.
Saya telah meneruskan harapan ini dari Maruyama dan
Studio4 ° C Tanaka. Mereka berdua memiliki area yang sama. Saya pikir di situlah saya bertujuan untuk menjadi.


Bagaimana Anda menanggapi permintaan sutradara dalam "In This Corner of the World" sutradara Katabuchi, yang juga merupakan tujuan dari pendirian studio?

Otsuka: Arti "gantung tangan" yang saya sebutkan sebelumnya hanyalah "hal-hal
sulit, hal-hal yang biasanya tidak dapat Anda lakukan." Film Sutradara Katabuchi memiliki drama yang lebih rinci dan lebih banyak video.
Saya mengerti mengapa saya melakukan ini dengan meminta mulut saya menjelaskan mengapa, tetapi saya belum mencapai titik itu ketika datang untuk memahami dan mengikuti niat
direktur dalam setiap pemotongan proses kerja, dan apakah semua permintaan telah dipenuhi. Otak Tn. Katabuchi jauh di depan staf kami.
Kehidupan Katabuchi-san dipertaruhkan, jadi itu bukan sesuatu yang kita, yang lebih muda, bisa dengan mudah dijangkau,
tetapi kami putus asa untuk lolos dengan itu pula.
Pada bulan September 2019, kami mendirikan Contrail Co., Ltd. sebagai studio untuk pekerjaan berikutnya dengan Mr.
Katabuchi, dengan tujuan untuk meningkatkan area itu dengan lebih jelas.

"Menarik" adalah kekuatan pendorong terbesar

Jika Anda melihat materi sutradara Katabuchi "My My Shinko" dan "In This Corner of the World", ada akumulasi gambar yang sangat besar, termasuk papan gambar dan grafiti dalam materi wawancara. Apa yang Perlu Anda ingat untuk memenuhi permintaan sutradara dalam pekerjaan produksi yang mengembun sejumlah besar gambar ke dalam gambar?

Noda: Apa yang staf teliti adalah sikap "mari kita bicara" dan "mari kita berkomunikasi".

Saya telah berada di bawah banyak pelatih yang berbeda, jadi saya memiliki banyak hal yang saya bertanya-tanya dan kesulitan dalam cara mewujudkan permintaan saya.


Dari sudut pandang produksi, jika Anda berhenti berpikir bahwa itu tidak layak, Anda tidak akan dapat berinteraksi dengan kreator.
Sikap hanya melakukan "apa yang dapat Anda lakukan" sama sekali tidak menarik sebagai orang make-up, dan saya pikir itu tidak akan menjadi video yang menyengat pemirsa.
Jadi, jika Anda tidak tahu apa yang Anda katakan, atau tidak tahu teknik apa yang dapat Anda capai,
semua orang mencoba memikirkannya sehingga Anda dapat memahaminya.

Saya berpikir bahwa ada kesulitan dalam memiliki kesadaran bersama di antara sejumlah besar, tetapi apakah ada sesuatu yang biasanya Anda ingat ketika berinteraksi dengan
staf?

Noda: Saya tidak meninggalkan Anda tidak yakin apa yang
Anda tidak mengerti sebagai pekerjaan. Saya mencoba untuk berkomunikasi dengan benar satu per satu.
Sutradara yang berbeda menghargai hal-hal yang
berbeda, dan studio yang berbeda memiliki hal yang berbeda untuk dilindungi. Selain menanggapi permintaan sutradara, saya mencoba menyampaikan sebisa mungkin bahwa saya akan tundukkan sebagai pekerjaan berdasarkan perspektif produksi.
Tapi bagaimanapun, saya juga merasakan kesulitan untuk tidak bernyanyi dengan benar tentang
bagaimana itu akan beresonansi jika saya memberi tahu staf muda.

Saya selalu bertanya-tanya bagaimana berpikir bahwa pekerjaan ini menarik, termasuk kesulitan dan kekerasan, dan saya melakukannya sementara saya khawatir.
Alih-alih menyapa dan berkomunikasi sebagai aturan perusahaan, saya selalu ingin memilih yang terbaik yang beresonansi
dengan orang tersebut sesuai dengan kualitas dan keadaan individu.

Sebagai studio, apakah ada kriteria untuk memilih karya yang
akan diproduksi?

Otsuka: Ini adalah karya yang produser dan sutradara benar-benar dapat menganggap sebagai
"menarik" atau "Saya ingin mencobanya."
Selain itu, ada juga topik yang kami kerjakan sebagai MAPPA, atau peran yang kami miliki di setiap karya. Banyak pekerjaan di masa-masa awal perusahaan ditujukan untuk mengumpulkan pengalaman staf dan prestasi perusahaan, terutama karyawan.
Dalam karya saya baru-baru ini, cg di "Drogedro", yang ditayangkan pada tahun 2020. Bagaimana dunia akan dievaluasi dengan menggunakan CG untuk pertama kalinya di MAPPA? Aku bisa bersaing di aslinya yang terkenal.

Oleh karena itu, kita dapat menolak pekerjaan yang tidak menemukan rasa tujuan dengan segala cara. Sebagai studio, "Mari kita tantang kali ini!" Aku menghargai perspektif itu.

Anda bekerja pada misi sebagai
studio untuk setiap karya. Ketika memilih pekerjaan, dengan siapa Anda terutama berbicara?

Otsuka: Belum lagi Noda, ketika Anda tersesat, Anda mendengar pendapat orang-orang yang dekat dengan audiens
karya.
Saya tidak dapat memutuskan pekerjaan untuk wanita atau yang kemungkinan populer di kalangan wanita, jadi saya meneliti dan akhirnya memutuskan hal-hal seperti mendengarkan karyawan dan staf wanita di usia 20-an.



Melihat kembali dari pendirian hingga sekarang, apa pekerjaan yang menjadi titik balik?

Otsuka: Ada sejumlah karya, seperti "Apollo on the Slope", yang memproduksi serial TV pertama, tetapi karya berikutnya yang mengarah ke sana adalah "Bahamut GENESIS of Shinshin no Bahamut GENESIS" (2014).


Itu adalah hal yang cukup besar bahwa saya dapat membangun "hubungan kepercayaan" dengan Cygames pada tahap awal pada saat yang paling sulit ketika saya harus mendapatkan manajemen perusahaan kembali ke jalurnya.
Kepercayaan itu kemudian digunakan dalam saga Sombiland !!! Ini juga menyebabkan "di ICE".

Pada tahun 2016, alasan pendiriannya, "In This Corner of the World", akhirnya dirilis pada tahun 2016, setelah "Bahamut GENESIS of God's Shot".


Otsuka: Saya telah membuatnya sejak awal, tetapi saya kesulitan mengumpulkan dana, dan saya tidak tahu bagaimana meletakkannya di luar sana, jadi saya kesulitan untuk mendapatkan kerumunan pendiri.

Dalam perjalanan, saya memiliki Mr Taro Maki dari Genko bekerja sama. Film ini dirilis pada tahun saya mengambil alih sebagai presiden, tetapi pada dasarnya Maruyama telah membuat "In This Corner of the World" untuk waktu yang lama.
Saya menghormati fakta bahwa saya menerima penghargaan baik di Jepang maupun di luar negeri dan sukses di box office, dan itu adalah pengalaman khusus bagi studio dan bagi saya sendiri bahwa senior saya, termasuk Direktur Katabuchi, memberikan hasil.

Pada tahun 2016, ini juga merupakan "Yuri" yang menarik!!! di ICE" juga disiarkan. Apa tujuan anda bekerja pada pekerjaan ini sebagai studio?



Otsuka: Ada beberapa proyek lain pada saat itu, tetapi saya sangat menyadari kesulitan pekerjaan berdasarkan figure skating.
Pada tahap itu, tidak ada hits sebagai studio, jadi saya berpikir tentang pekerjaan mana yang bisa saya bersaing, dan saya berpikir, 'Yuri!!! di ICE" dipilih.
Noda: Itulah sebabnya tampaknya sulit
tetapi menarik. Dari tahap perencanaan, panasnya luar biasa, dan tidak ada tantangan di anime tentang subjek figure skating itu sendiri.
Itu sulit, tetapi saya mencoba untuk menggambar tanpa melarikan diri, dan sebagai hasilnya, banyak pemirsa menanggapi selama siaran, jadi saya merasa bahwa ada pelanggan yang menonton pekerjaan dengan benar, dan bahagia memberikan banyak kekuatan kepada artis.
Otsuka: Pada tahun 2017, tahun berikutnya, dengan tujuan "meningkatkan kekuatan produk", kami menghasilkan enam karya animasi sepanjang tahun, seperti "The Idol Thing", "Bahamut VIRGIN SOUL", "Bet Kegurui", "Alterile of The Shogu",
"Inuyasaki", dan "Garo〈GARO〉-VANISHING LINE-".
Berdasarkan pencapaian tersebut, "Drogedro" tahun 2020 mengambil tantangan besar dari "pembuatan karya yang
berpusat pada 3DCG".

Bagaimana [Dro sludgero] menjadianimasi lagi?

Otsuka: Sebenarnya, saya penggemar aslinya, dan saya pernah membuat proyek
anime sekitar 10 tahun yang lalu. Tapi pada saat itu, saya tidak memiliki kemampuan untuk melalui proyek. Seiring waktu, saya menerima cerita tentang produksi, dan saya menantangnya karena saya berpikir, "Saya bisa melakukannya sekarang."

Mengapa Anda fokus pada CG alih-alih menggambar?

Otsuka: Pada titik tertentu, saya ingin membuat karya
utama 3DCG. Saya ingin menantang bagaimana saya dapat menunjukkan lukisan saya dengan menggunakan 3D dengan memanfaatkan karakteristik perusahaan produksi anime.
Noda: Sebagai sisi produksi, saya menilai bahwa yang terbaik adalah menggunakan CG
untuk mengeluarkan kebaikan aslinya. Sebagai studio, kami tidak memiliki penghalang antara menggambar dan CG, tetapi kami memilih metode terbaik untuk mencapai ekspresi video yang kami tuju.


Apa kesulitan Anda dalam tantangan baru?

Noda: Saya kesulitan bertanya-tanya tim seperti apa yang harus kita bangun, dan seberapa jauh kita harus tetap berpegang pada
ekspresi.
Ini hanya karena jadwal dan anggaran, tetapi saya tidak ingin menurunkan kualitas karena alasan itu. Kemudian, itu adalah pekerjaan yang terus mencoba dari kepala metode seperti apa yang dapat diwujudkan.
Bahkan, saya ingin pergi dengan CG penuh, tetapi pesona aslinya adalah perubahan pakaian dan pandangan
dunia, jadi saya ingin menghargai itu. Jadi saya melukis pakaian khusus yang hanya muncul dalam jumlah cerita yang terbatas.
Staf produksi yang memasuki situs tidak memiliki pengalaman menggunakan metode CG di sana, sehingga cara situs dibalik dan cara membuat
bagan alur adalah serangkaian coba-dan-kesalahan.
Tidak mungkin untuk melakukannya 100% di rumah, jadi saya dapat meminjamkan kekuatan luar, tetapi ada banyak orang yang mengatakan bahwa mereka benar-benar menyukai pekerjaan itu, dan mereka banyak membantu saya.

Pada akhirnya, apakah Anda masih bertujuan untuk 100% manufaktur di rumah?


Noda: Saat ini, kami masih membutuhkan waktu, tetapi juga
merupakan tujuan yang ingin terus kami tantang.
Saya selalu membidik kualitas, tetapi dengan tantangan "Drogedro", saya termotivasi untuk melakukannya sambil terus meneliti cara membuat gerakan dan ekspresi wajah yang lebih
baik, jadi saya pikir itu menyebabkan pertumbuhan yang sangat besar.
Aku benar-benar menantikan untuk melihat seberapa jauh aku
akan bisa pergi lain kali.

Posting Komentar