Translate

Sejarah Desa Sukahaji Kecamatan Cipeundeuy Kab. Bandung Barat

Berikut merupakan sejarah desa sukahaji yang saya kutip dari situs desasukahajikbb.blogspot.com di situs itu dikatakan asal nama dari desa sukahaji berasal dari kata Suka yang artinya Senang/Gemar sedangkan Haji asal kata dari Umroh/Ibadah Haji. Sebab berdasarkan data yang ada bahwa di Desa Sukahaji banyak warga yang berangkat menunaikan ibadah rukun islam yang kelima yaitu Menunaikan ibadah haji ke Mekah. Dari situlah muncul gagasan untuk menamakan Desa yaitu dengan kata Desa Sukahaji.

disana juga tertulis catatan sejarah Desa Sukahaji yaitu terbentuknya dari Pamekaran dari Desa Cipeundeuy dimana sudah terlalu padatnya Desa Cipeundeuy, maka dimekarkan menjadi Desa Sukahaji.

Sesepuh masyarakat Desa Sukahaji yaitu Djai Marta sangat peka terhadap keadaan yang sangat memperhatikan pada saat itu, setelah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan dinobatkan menjadi Kepala Desa sesepuh kampung atau Djaja Praja secara bertahap membangun tatanan Pemerintahan meskipun secara sederhana guna mensejahterakan masyarakatnya pada saat itu, yang mayoritas hanya mengandalkan dari hasil bumi itu sendiri.

Daerah Desa Sukahaji merupakan daerah yang subur untuk bercocok tanam sehingga selain Penduduk asli lambat laun daerah ini juga disantroni atau didatangi oleh penduduk dari luar desa yang berkeinginan ikut bercocok tanam dikawasan ini, sehingga lambat laun kehidupan sosial budaya sudah agak mulai agak komplek, adapun sumber lain pendapatan desa diantaranya tanah bengkok (Carik) hasil dari tanah titian Desa/tanah milik Desa.



Mata pencaharian pokok penduduknya dari dulu hingga sekarang mayoritas bercocok tanam, adapun perbedaannya kalau dulu bercocok tanam dilakukan dengan peralatan yang sangat sederhana sekali belum ada peralatan yang modern seperti sekarang, jadi kadang-kadang masyarakatnya bercocok tanam hanya menghasilkan apa-apa saja yang tumbuh secara alami dari tanah sawah, sedangkan sekarang dimana moderenisasi telah merambah maka pengolahan sawah tersebut menggunakan bantuan tenaga mesin yang hasilnya proses pengolahan tanah menjadi cepat dan efisien.

Disamping bercocok tanam padi sebagian masyarakat ada juga yang bercocok tanam dibidang Palawija berkebun Bambu, Kelapa dan Buah-buahan lainnya. Selain itu ada juga yang sudah mulai beternak hewan peliharaan seperti, Domba, Kerbau, Kambing, ayam, itik dan lain - lain.

Adapun Nama-nama kuwu atau kepala  Desa yang pernah menjabat di Desa Sukahaji diantaranya :

1.         Djai Marta                                            (1971 S/d 1979)

2.         H.Muhtar                                              (1979 S/d 1989)

3.         Rohmat                                                 (1989 s/d 1997)

4.         Mansyur                                                (1997 s/d 1999) PJS

5.         Rachmat,ES                                          (1999 s/d 2007)

6.         Yandi Karhi Darmawan,SH                  (2007 s/d 2013)

7.         Aca Bin Husen                                      (2013 s/d Sekarang).

Untuk website resmi dari desa ini masih belum ada/ditemukan jadi hanya ini referensi yang sejauh ini saya tau. untuk data - data lainnya seperti kependudukan dan letak geografisnya, ingsya Allah nanti saya tambahkan disini kalau saya menemukannya


Klik disini, Daftar nama Desa Kecamatan Cipeundeuy

Posting Komentar