Translate

Masuk ke Purwakarta Diperketat Jelang PSBB di Jakarta

 Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta melakukan penyekatan kendaraan angkutan umum di tiga titik di sekitar Gerbang Tol Cikampek, Gerbang Tol Jatiluhur, dan Gerbang Tol Sadang. Penyekatan ini dilakukan jelang pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta pada Jumat (10/8/2020) besok.



"Kami khawatirkan besok itu di Jakarta sudah diberlakukan PSBB, jadi kami takutkan banyak pemudik itu dari arah Jakarta, Bekasi, dan Karawang itu kembali ke daerahnya," ucap Kabid Pengawasan dan Keselamatan Dishub Purwakarta Haryadi Erlan saat ditemui di sekitar Gerbang Tol Sadang, Kamis (9/4/2020).

Erlan menjelaskan kegiatan penyemprotan dan cek suhu tubuh dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 yang dikhawatirkan banyak pemudik menggunakan angkutan umum.

Diketahui Purwakarta merupakan jalur perlintasan dari Jakarta menuju Bandung maupun menuju Cirebon. Tak sedikit warga Purwakarta yang bekerja di zona merah pandemi Corona.

"Purwakarta itu dilintasi kendaraan bus, terutama AKDP, kita melaksanakan kegiatan penyemprotan disinfektan ke kendaraan sambil memeriksa suhu tubuh penumpang dan awak bus," katanya.

Seluruh penumpang bus angkutan umum dari dan ke Jabodetabek yang melintas di Purwakarta melalui gerbang tol dipersilakan turun dari bus terlebih dulu. Kemudian setiap penumpang dicek suhu tubuh, dan badan kendaraannya disemprot cairan disinfektan.

Mayoritas penumpang yang dicek bersuhu tubuh normal, sehingga tidak ada penumpang yang diberi perhatian khusus.

"Baik sih. Kami kan perjalanan jarak jauh, harus banyak dicek kesehatan. Saya dari Bandung mau ke Cikarang, di Bandung udah dicek. Alhamdulillah di sini dicek lagi," ujar Angga, salah satu penumpang bus.

Diketahui, berdasarkan data yang dirilis Gugus Tugas COVID-19 Purwakarta pada Kamis (9/4/2020) di Kabupaten Purwakarta terdapat 5 orang yang positif terinfeksi COVID-19, ODP 205 orang, dan 10 pasien dalam pengawasan (PDP).

Sumber : detik.com

Posting Komentar