Translate

Beberapa Aliran Pencak Silat Yang Ada di Desa Nyenang

Dini aryani

Sebenarnya pada zaman dulu di daerah nyenang ini hanya ada 1 perguran silat yang berdiri, namanya perguruan silat Cucu Panglipur. pada zaman nya setiap seluruh perguruan yang ada di sekecamatan cipeundeuy setiap sebulan sekali suka berkumpul ke perkumpulan pusat. menurut kata abah samin, perkumpulan itu sengaja di adakan untuk mempererat tali persaudaraan pada tiap tiap perguruan yang ada di daerah sekecamatan cipeundeuy. 

Perkumpulan itu berkumpul di satu titik lapangan yang luas, tepatnya di daerah margalaksana. dan kerap kali perkumpulan itu jadi ajang adu kekuatan / ilmu.

dan untuk saat ini  perguruan silat yang ada di desa nyenang ada setidaknya yang diketahui ada 4 perguruan antara lain :

1. Cucu panglipur

2. Domas

3. Badak Putih

4. Gagak Lumayung

Namun seiring dengan perkembanga zaman perguran silat yang ada saat ini di desa nyenang hanya difokuskan pada seni tarian nya saja. 

Tidak seperti zaman dulu yang dimana sampai pada titik ilmu - ilmu yang memang mengisi (orang dengan tubuh kuat yang memiliki ilmu atau jimat ditubuhnya) seperti ilmu jeblag yang bisa mementalkan lawan tanpa menyentuh, ataupun ilmu kekebalan tubuh dan yang lainnya.

jika anda malas untuk literasi/membaca, anda bisa mendengar lewat narasi video di link berikut ini :

https://www.youtube.com/watch?v=NyJ78HJ2AA0


Posting Komentar