Translate

Apakah anda masih ingat dengan sangu tutug cau

Beberapa anak yang lahir di tahun 1990-an pasti mengenal sekali dengan makanan ini, jika tidak berarti anda bukan salah satunya.


-

Sangu tutug cau merupakan makanan yang diolah dari bahan - bahan :


  1. Nasi
  2. Pisang
  3. Cikur
  4. Bawang Merah
  5. Garam
  6. Cengek (cabai kecil hijau)
  7. Daun Pisang

Meskipun keliatannya bahan-bahannya biasa aja, tapi rasanya tuh mantul pake banget gurih nikmat bener dah kalo dimakan pas sarapan pagi dikala itu. soalnya ini bukan makanan biasa. 
saya yakin!! coba saja cari makanan ini dimana saja pasti nggak ada yang bakalan jual. Adapun yang jual! itu pasti dibuatnya juga gak apik atau teliti atau masih jauh dikatakan sempurna. soalnya ada beberapa step spele yang dilupakan atau dilewatkan karena kalo dijaman sekarang, membuat makanan tutug cau ini terbilang akan sangat susah.

Terus susah nya dari mana?

Iya susah lah. Sekarang jaman praktis, contohnya :
Mau masak nasi udah mayoritas kebanyakan memakai Rice Cooker, terus semua sekarang pakai kompor gas lagi!!.

Lah terus apa salahnya dan hubungannya dengan cara memasak tersebut!! 

Ya itu tidak salah juga sih, anda masih bisa membuat sangu tutug cau ini, namun masih belum bisa di katakan Sangu Tutug Cau sempurna dan tentu rasa dan aromanya pun akan beda dengan sangu tutug cau sebenarnya. 
Yang jadi pembeda dulu dan sekarang adalah cara memasaknya
Kalau jaman dulu pakai hawu (hawu adalah tempat memasak tradisional yang masih memakai kayu bakar sebagai bahan bakarnya). 


Nah ini step yang bikin nasi itu enak dan membakar pisang nya lebih gurih meresap alami karena adanya pengasapan terjadi yang terserap dari kayu bakar. 
untuk kayu bakar nya sendiri dalam memasak sangu tutug cau ini harus bakai balukang ya. balukang ini adalah sejenis kayu bakar (dahan daun batangnya pohon kelapa agak muda). 


-

Dan kenapa harus pakai balukang untuk membuat sangu tutug ini!


Balukang ini adalah salah satu kayu bakar kelas 1, karena asapnya yang tidak berbau dan memiliki aroma yang khas segar alami. sehingga membuat resapan dari asap balukang ini membuat makanan jadi kaya akan harum dan rasa citra alami tersendiri.

Nah berikut adalah cara penyajian atau membuat Sangu Tutug Cau Sempurna :


1. Yang pertama harus anda lakukan adalah meyiapkan wadah dengan daun pisang sebagai piringnya dengan cara membakar daun pisang tersebut dengan jarak 10 cm dari api bahan bakar balukang yang tadi saya sebutkan diatas, sampai daun pisang itu melemas.

2. Yang kedua menanak nasi tapi ingat ya harus pake aseupan / kukusan (berbentuk kerucut dan terbuat dari bambu yang dianyam) dengan bahan bakar balukang juga.


3. Setelah itu proses yang ketiga. Bakarlah pisang tersebut sampai setengah matang (saya merekomondasikan pakai pisang nangka setengah mentah yang masih hijau) dengan abu balukang yang telah lebur dibakar api tadi.

4. Jangan lupa untuk melumatkan (mengulek) bahan bahan Cikur, Cengek (cabai kecil hijau), bawang merah dengan Garam secukupnya.

Setelah semua bahan siap, aduklah semua bahan dari poin 2 sampai 4 tersebut menjadi satu, ketika sudah selesai disatukan/diaduk, bungkuslah sama daun pisang tadi.
makan nya harus pagi pagi ya. tidak boleh siang ataupun sore.
dan jadilah Sangu Tutug Cau Sempurna.

Sekian dari saya makanan tradisional sunda sangu tutug cau, diatas telah saya jelaskan cara memasak sangu tutug cau, cara menyajikan sangu tutug cau, cara membuat sangu tutug cau, menyiapkan sangu tutug, membuat sangu tutug, sangu tutug, membuat makana tradisional sempurna, makanan khas sunda

Posting Komentar