Translate

Mengulas Objek Wisata Cirata







Sebenarnya Cirata ini adalah Bendungan yang dimana Fungsi utama dari waduk atau bendungan Cirata ini adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air, sekaligus juga menjadi regulator distribusi air ke wilayah sekitarnya.Waduk ini membendung aliran sungai Citarum, dan membentuk danau buatan seluas 43.777 hektar lebih. Sungai Citarum memang dimanfaatkan menjadi sumber air beberapa bendungan di wilayah Jawa Barat. terkadang Penamaan tempat ini cukup membingungkan juga. Ada yang menyebutnya waduk Cirata Purwakarta, waduk Cirata Cianjur, ataupun waduk Cirata Bandung. Sebetulnya sama aja kok tempatnya. Ada pemanggilan nama yang berbeda karena memang area waduk Cirata berada di dalam wilayah ketiga kabupaten di atas (Bandung Barat, Cianjur, dan Purwakarta).





Waduk Cirata ini mulai beroperasi tahun 1988. Sekarang bendungan ini mampu menghasilkan sekitar 1008 Megawatt dengan total produksi energi listrik tahunan sekitar 1428 Giga Watthour pertahun.


Seiring waktu, area bendungan ini dimanfaatkan juga sebagai tempat berlibur. Selain itu juga dimanfaatkan untuk budidaya ikan jaring terapung atau biasa di sebut kolam bagi orang sunda.





Parkir



Untuk parkir memarkir sekarang kebijakan Dam cirata tidak boleh parkir sembarangan di bendungan, karena objek vital negara jadi dijaga ketat dan ketika anda sengaja parkir di bendungan tersebut nanti anda akan di peringatkan oleh petugas disana. tapi tenang saja untuk parkir sudah tersedia kok, letaknya sebelum palang pintu sebelah kanan dan anda akan dikenakan tarif Rp. 10.000 /motor dan 20.000 /mobil. letaknya disini (saya tandai dengan silang warna merah).






OTW/ Lokasi Jalan Menuju Waduk Cirata



Karena luasnya, tentunya kita bisa menuju ke banyak suduk waduk ini. Tapi biasanya pengunjung datang ke lokasi utama yang ada di Kawasan Kuliner Buangan, Kecamatan Cipeundeuy, Purwakarta.

Lokasi Cirata berada di perlintasan utama Bandung - Jakarta tepatnya Jawa Barat. Jika menggunakan tol Cipularang dari arah Bandung, bisa keluar di pintu tol Cikalong wetan dan lanjut menuju arah Cirata. Dari Arah Jakarta, bisa keluar di pintu tol Jatiluhur lalu menuju ke arah plered. Jika dari Cianjur, bisa langsung menggunakan rute yang menyusuri waduk cirata via Cikalong kulon.











Alamat       : Cirata Jl. Cirata Cipeundeuy Jawa Barat

Jarak          : 3.58 KM

Rating        : 7.2/10

Latitude     : -6.698669423338

Langtitude : 107.36678219601




Kuliner Khas



Di sekitar bendungan juga terdapat banyak tempat makan dan istirahat. Kuliner khas yang disajikan antara lain berupa sate maranggi, sate khas dari Purwakarta dan tidak kalah penting yang paling diminati adalah Liwet yang lumayan murah cukup dengan 50 ribu saja di beberapa warung dipinggiran siap menyajikan Liwet tersebut. Selain itu juga terdapat banyak sajian ikan hasil budidaya di danau Cirata itu sendiri. jadi si harga nasi liwet ini jika dengan lauk ikan bakar tersebut tergantung dari jenis ikan yang dipesan serta tambahan lauk lainnya, seperti tahu, tempe atau telur. jika dihitung pada umumnya untuk bersantap 5 orang dengan memesan beras 1 liter dan 1 kg ikan ditambah minuman, rata - rata dikenakan biaya sebesar Rp. 140.000 sampai 150.000. harga tersebut sama untuk semua warung yang ada di buangan




Mancing Di Waduk Cirata



Selain berwisata, mancing di waduk Cirata juga menjadi daya tarik tersendiri. Banyak orang yang hobby memancing datang ke spot-spot memancing di Cirata yang sudah cukup terkenal.

Beberapa spot memancing yang sering didatangi antara lain :




  1. Calingcing

  2. Palalangon dan Babakan Garut

  3. Pasir Ucing

  4. Pasir Geulis/Cipicung

  5. Palumbon

  6. Jangari





Wisata



Di tempat ini, kita bisa menikmati suasana danau bautan yang alami, dengan pemandangan yang unik. Luasnya permukaan danau dihiasi dengan banyaknya tempat budidaya ikan jaring terapung. Banyak orang yang mengejar suasana sunset disini yang indah ketika di sore hari. Suasana yang tenang dengan background pemandangan perbukitan yang hijau, jadi incaran utama pengunjung ke daerah sini. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk mengitari area waduk. Mantaf bro. Jika anda sudah bosan dengan sunset anda bisa coba coba main Ke Buangan tidak jauh dari sana kok anda bisa naik perahu untuk melihat suasana cirata dari sudut pandang dari air.

Anda bisa menjelajahi kawasan perairan menggunakan perahu, serta melihat dari dekat tempat pembudidayaan ikan jaring terapung (kolam). untuk berperahu selama 2 - 3 jam mengelilingi perairan waduk, dikenakan tarif sebesar Rp. 30.000




Penginapan


Masih betah disini tenang penginapan tentu saja ada, mau di BPWC nya ataupun di Villa jika kantong anda masih penuh ya silakan saja. jika ingin menyewa penginapan dengan tarif murah, rumah-rumah penduduk yang dijadikan homestay dapat dijadikan pilihan dengan tarif sewa kamar permalam seharga Rp. 75.000 sampai Rp. 100.000.






Hunting (Berfoto)




Ada beberapa tempat yang lumayan diminati untuk berfoto disana :




  • Tebing

  • Jembatan Cilangkap

  • Jembatan gantung

  • Buangan (nunggu air surut)

  • Switch Yard
























Posting Komentar