Translate

Riset operasi 4 ANALISA NETWORK



Ada beberapa istilah atau pengertian yang akan digunakan di dalam analisa network yaitu :





1. Earliest Start Time ( ES )


Earliest Start Time adalah waktu tercepat untuk bisa memulai suatu kegiatan dengan waktu normal, tanpa mengganggu kegiatan yang lain. ES untuk kegiatan (1-2) = 0 minggu, kegiatan (2-3) = 2 minggu, kegiatan (3-4) = 5 minggu.





2. Earliest Finish Time ( EF )


Earliest Finish Time adalah waktu paling cepat untuk dapat menyelesaikan suatu kegiatan dengan menggunakan waktu normal, tanpa mengganggu kelancaran pekerjaan-pekerjaan yang lain. EF untuk kegiatan (1-2) = 2 minggu, kegiatan (2-3) = 5 minggu, kegiatan (1-3) = 4 minggu, kegiatan (3-4) = 10 minggu.





3. Latest Start Time ( LS )


Latest Start Time adalah waktu yang paling lambat untuk bisa memulai suatu kegiatan dengan waktu normal, tanpa mengganggu kelancaran kegiatan-kegiatan yang lain. LS untuk kegiatan (2-4) = 5 minggu, kegiatan (1-3) = 1 minggu.





4. Latest Finish Time ( LF )


Latest Finish Time adalah waktu paling lambat untuk menyelesaikan suatu kegiatan dengan waktu normal, tanpa mengganggu kelancaran kegiatan-kegiatan yang lain. LF untuk kegiatan (1-3) = akhir minggu ke-5, kalau pada akhir minggu ke-5 tidak selesai maka kegiatan-kegiatan berikutnya akan tertunda.





Contoh :


Kegiatan-kegiatan membuat suatu alat produksi barang X:













Buatlah diagram networknya, coba tentukan lintasan kritisnya dan lama pengerjaan proyek tersebut. Carilah ES dan EF, LS dan LF.



Network dari pekerjaan pembuatan barang X: 
















1.    Algoritma ES dan EF















Keterangan :











Proyek tersebut dapat dikerjakan selama 25 minggu, atau panjang jalur kritis = 25 minggu. Jalur kritis tersebut adalah kegiatan-kegiatan: a-b-c-g atau event-event: 1-2-3-6-7.











2.    Algoritma LS dan LF
Dalam menentukan LS dan LF pertama-tama ditentukan dulu kapan proyek akan selesai. Untuk menentukan LS dan LF dihitung dari belakang sampai tercapainya kegiatan yang pertama. Baiklah digunakan contoh yang dipakai pada algoritma EF. Tentu saja waktu selesai tidak dapat di bawah 25 minggu (sebelum minggu ke-25), karena bila harus selesai sebelum minggu ke-25 (dengan waktu normal), maka ES kegiatan pertama menjadi negatif (dimulai sebelum awal minggu pertama).













Keterangan :







  LS                    LF

Slack (kelonggaran) adalah perbedaan antara latest dan earliest event time. Jadi merupakan perbedaan antara LS dengan ES atau antara LF dengan EF.




Terima kasih telah membaca semoga ilmu yang telah di pelajari bermanfaat.

Dan baca juga :


Riset operasi 3 Metode simplek maksimasi



Posting Komentar