Translate

Mengulas objek wisata curug layung

Sebelum tahun 2012 Pada awalnya curug layung bukan merupakan tempat wisata, melainkan area pelatihan Kopassus. Kemudian pada tahun 2014, kawasan ini dibuka secara resmi untuk umum sebagai objek wisata Curug Layung Lembang. Air nya ini dari Situ Lembang loh

OTW/ Lokasi/Alamat Jalan ke curug layung

Untuk akses kesana sangat disayangkan jalan nya kurang bagus sih, masih terjal berbatu! tapi worth it. Bagi roda dua diperlukan kehati-hatian yang extra yah. apalagi kalo hujan, licin! dan kendaraan roda empat yang terlalu ceper masuk kesini tidak disarankan (khusus nya mobil sedan tidak recomended)!. Curug ini berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu yang beralamat di :

Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. 

Masuknya lewat jalur arah dusun bambu, pintu masuk ada gerbang KOMANDO. Nanti dari pintu masuk komando lurus aja dengan petunjuk Curug Layung. Berhubung petunjuk nya kecil kadang tak terlihat. Bisa nanya ke penduduk sekitar. Karena dsitu kalian akan ketemu beberapa tempat wisata. Ada Curug bugbrug, Curug pelangi dan Curug Layung. Kalo pake mobil minibus hati-hati, karena jalan rusak arah masuk Curug Layung nya.

Titik Koordinatnya : 6°46'36.6"S 107°34'39.9"E

Titik Google Maps Gerbang Masuk Curug Layung

Setelah memasuki gerbang akses jalan dari pintu masuk masih lumayan jauh ke curugnya dan Untuk petunjuk arah menuju curug, ketika di tengah hutan agak kurang jelas sih.

Harga Tiket Masuk ke Curug Layung

Hiking Rp.10.000
Camping Rp.20.000
Tambahan biaya lainnya jika membawa kendaraan
Parkir Roda Dua Dengan Tujuan Hiking Rp.5.000
Parkir Roda Dua Dengan Tujuan Camping Rp.10.000
Parkir Roda empat Dengan Tujuan Hiking Rp.10.000
Parkir Roda empat Dengan Tujuan Camping Rp.20.000

Ada beberapa petugas berjaga di gerbang masuk mobil untuk meminta retribusi masuk daerah wisata Nanti untuk masuk ke area hutan dan curug juga bayar lagi. Untuk Hari libur nasional sudah pasti naik!

Saran : Kalo mau ngcamp booking skema rombongan disarankan memilih blok yang tepat yah.


Jam Operasional/Buka

buka setiap hari selama 24 jam. waktu terbaik ketika tidak terlalu banyak pengunjung adalah diwaktu pagi dan sore 

informasi lebih lanjut mengenai peralatan camping dan info lain, dapat menghubungi pihak Curug Layung melalui Whatsapp di nomor 0855 2446 0177 (Sulaiman)


Wisata yang diunggulkan di curug layung

  1. Yang jadi Favorite disini tentu adalah air terjun alami yang memiliki 3 (tiga) tingkatan, lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan pinus, juga diapit oleh dua gunung yaitu Burangrang dan Tangkuban Parahu. Ketinggian air terjunnya memang tidak tinggi, namun memiliki volume air cukup besar dan sungai yang lebar. Airnya juga sangat jernih sehingga diminati banyak orang kalo 5 tahun yang lalu yah! namun ditahun 2022 ini kejernihannya sudah berkurang. Perhatikan Sebelum anda berenang pastikan memilih area sungai yang dangkal!. karena ada sebagian Sungai memiliki kedalaman air sekitar -+6 meter, ini dikarenakan pasir dibawah air yang terus tergerus oleh air sehingga makin dalam.
  2. Bayangkan Berkemah di Tengah Hutan Pinus yang luas, terdapat berbagai macam blok Camping Ground. Untuk 1 (satu) blok nya bisa di isi sampai belasan tenda! dan disetiap blok sudah pasti terdapat kamar mandi dan air bersihnya. Sebetulnya wisata curug layung ini lebih cocok disebut Camp area dibanding wisata Curugnya. Buat family Camp Rekomen banget. Banyak warung dan gak gitu jauh dari pusat kota bandung.
  3. Untuk Spot Selfie Pemandangan Alam dan Pemandangan Hutan Pinus berasa ada di film twilight nih, Disana juga banyak terlihat satwa liar seperti monyet dan berbagai wahana lainnya. ketika masuk ke dalamnya menyerupai bukit karena terjang ke bawah
  4. Curug Layung ini memiliki lahan seluas 11.6 hektare, jadi siapkan staminamu sebelum mau berkunjung kesini, biar enggak ngos-ngosan keliling nya, sejuk banget deh, Di sana juga terdapat penyewaan peralatan kemah, yang harganya mulai dari Rp40rb per tenda. Satu kemah memiliki kapasitas 3-5 orang.

Fasilitas/Wahana Maupun Fitur Curug Layung

  • Bisa Selfie di balon guys tapi bayar lagi yah
  • Ada Sepeda Gantung (berbayar)
  • Playing Ground kecil untuk anak
  • Ada wahana Flying Fox juga (berbayar)
  • Spot Poto. Anda hanya akan dikenakan biaya 5k untuk foto sepuasnya di semua spot
  • Toilet dan kamar mandi (Sukarela berbayar)
  • Mushola
  • Gazebo 
  • Tempat untuk bersantai
  • Teradapat warung-warung juga, nah kalo ini bayar yah, masa jajan gak bayar!
  • Jalur tracking menuju kawasan hutan pinus dan curug sudah cukup tertata dengan baik sehingga nyaman untuk dilalui.
  • Untuk kebersihan, disini lumayan terjaga
  • Area parkir yang luas (puas banget) muat untuk bus wisata juga
  • kayu bakar ready 15rb per ikat
  • Tapi disayangkan yah gak ada meja piknik
  • Jangkauan signal kurang baik!
  • Tidak disarankan jika hujan

Boleh membawa anak, Buat refreshing dan olahraga cocok sekali apalagi untuk yang ingin bertamasya bareng keluarga. Bagus juga untuk pelatihan peningkatan mutu. Dan nyaman banget buat di pakai acara acara camping untuk keperluan ospek pramuka, paskibra dan lain lain. Bagi yang gak bawa makanan juga jangan risau, ada bala-bala sama gehu dengan harga terjangkau 

Persiapkanlah ini sebelum ke curug layung

Yang harus dipersiapkan sebelum ke Curug Layung menurut saya :

Janga lupa bawa Tongkat, Siapkan baju dalam dan luar cadangan, memakai alas kaki yang nyaman biar ga lecet, ingat juga membawa tikar atau sejenisnya untuk duduk-duduk. 

Untuk Jaga - jaga bawa jas hujan, jangan pake sendal teplek apalagi heels. Bagi yang lebih terbiasa di urban setting mungkin bakalan agak kaget karena suasana tempatnya memang alam banget. dan terakhir lindungi makanan anda dari para monyet!.

Foto / Gambar 

Suasana Curug Layung


Lihat rekap daftar wisata yang ada di bandung barat disini atau pada menu daftar yang ada di navigasi

Terakhir artikel ini di update pada tanggal 25 Agustus 2022

Posting Komentar