Translate

Sejarah Desa Sirnagalih Kecamatan Cipeundeuy Kab. Bandung Barat

Negara Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bandung Barat
Kecamatan Cipeundeuy
Kode Kemendagri 32.17.05.2011
Luas ... km²
Jumlah penduduk 3.118 jiwa
Kepadatan jiwa/km²
Kode pos 40558



Untuk website resminya anda bisa langsung mengunjungi http://sirnagalih-cipeundeuy.desa.id/  kata "Sirnagalih" disitu tertulis diambil dari sebuah nama lembaga pendidikan yang berada di Desa Ciroyom yaitu "Sekolah Dasar (SD) Sirnagalih". Nama tersebut dibentuk dan dibukukan oleh sebelas (11) orang, dan berikut adalah daftar nama - nama orang tersebut:

  1. Atih Somantri
  2. Jajang R. S
  3. Sodikin
  4. Anang
  5. H. E Mustopa
  6. Asmita
  7. N. Sutano
  8. Dudi
  9. Sarip Subarna
  10. Eman
  11. H. Ece Aripin
Akhirnya nama Sirnagalih ditetapkan pada tahun 1984 atas permintaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung dan Provinsi Jawa Barat.

Sejarah

Desa Sirnagalih pertama kali di dirikan pada bulan agustus tahun 1984 yang dikepalai oleh Bapak OTANG SURYAWAN dari kecamatan selama 2 tahun. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak SUMIRAT yang dipilih secara langsung dan beliau menjabat selama 8 tahun. Setelah itu, Desa Sirnagalih dikepalai oleh Bapak JANA selama 1 tahun. Tidak lama kemudian dilanjutkan oleh Bapak ENDJANG yang menjabat selama 8 tahun.

Setelah masa kepemimpinan kepala Desa yang ke-5, kemudian Desa Sirnagalih di jabat oleh Bapak H E N D I selama 2 periode. Yaitu periode pertama selama 5 tahun yang dimulai dari tahun 2003-2008 dan periode ke dua selama 6 tahun yaitu pada tahun 2008-2014.

Pada  tanggal 6 Agustus 2014, kepemingpinan pa HENDI habis masa jabatan dan diteruskan oleh Penjabat dari Sekdes PNS dengan SK. BUPATI  nama : LILI SOMANTRI yang menjabat selama 1 tahun  sampai dengan dilantiknya kepala Desa Definitif, yaitu Bapak TOHA SOLHIN  hasil pemilihan tanggal 30 Agustus 2015 dan kemudian dilantik di Kabupaten Bandung Barat/di Kantor Bupati Bandung Barat pada tanggal 16 September 2015 se Kabupaten berjumlah 41 Kepala Desa, yang berhak memimpin Desa sampai dengan Tahun 2021.

Desa Sirnagalih merupakan pemekaran dari Desa Ciroyom, yang terletak di Kp.Babakan Rt 01 Rw 04 Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat. Desa ini terlerletak di sebelah utara dari kantor Kecamatan yang berbatasan dengan 3 Desa dan 1 Kabupaten lain, yaitu Kabupaten Purwakarta.

ya mungkin hanya itu informasi sejauh ini yang bisa saya dapatkan. namun jika nanti ada info lainnya yang terkait. saya akan tambahkan disini, 

Klik disini, Daftar nama Desa Kecamatan Cipeundeuy

Posting Komentar